Bugatti Chiron Masuki Tahap Akhir Produksi, 500 Unit Siap Dikirim ke Konsumen

Nusantaratv.com - 24 Januari 2022

Bugatti Chiron. (Bugatti via Hindustan Times)
Bugatti Chiron. (Bugatti via Hindustan Times)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Bugatti Chiron dikabarkan telah memasuki tahap akhir produksi. Setidaknya 500 unit hypercar ini siap dikirimkan ke konsumen yang telah melakukan pemesanan. 

Christophe Piochon, Chief Operating Officer (COO) Bugatti Rimac dan Presiden Bugatti Automobiles mengatakan, Chiron mewakili kendaraan terbaik dan paling luar biasa di dunia. Selain itu, kata dia, hypercar ini dihadirkan tidak hanya unggul dalam kecepatan, tetapi juga memiliki desain yang indah.

"Chiron dibuat dari bahan terbaik, dapat digunakan dalam segala kondisi dan setiap saat, dan nyaman selama perjalanan jauh. Inilah yang membuat mobil sport hyper ini benar-benar unik," ujar Piochon, seperti dikutip Hindustan Times, Senin (24/1/2022).

Bugatti Chiron terinspirasi pembalap terkenal Louis Chiron, yang membela tim Bugatti pada 1926 hingga 1933. Selain Chiron, Bugatti juga sebelumnya menghadirkan Veyron yang diproduksi dari 2005 hingga 2015. Hypercar ini menghasilkan tenaga maksimal 986 hp dengan kecepatan tertinggi 400 km/jam.

Bugatti menyatakan Veyron masih dinilai sebagai salah satu kendaraan paling canggih di dunia. Perusahaan yang didirikan Ettore Bugatti itu menghadirkan Chiron untuk bersanding dengan Veyron, atau bahkan lebih.

Ketika mengembangkan Chiron, Bugatti mendesain ulang mesin W16 8.0 liter yang digunakan Veyron. Mesin Bugatti Chiron menghasilkan tenaga 1.479 HP dan torsi puncaknya 1.600 Nm. Kendaraan tersebut bisa digeber maksimal 420 km/jam.

Chiron sanggup berakselerasi dari nol hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 2,4 detik. Sedangkan kecepatan 200 km/jam mampu dituntaskan hanya dalam 6,1 detik, dan 300 km/jam bisa dilibas dalam 13,1 detik.

Bugatti Chiron sukses memecahkan rekor dengan berakselerasi dari 0 hingga 400 km/jam dan kembali lagi ke nol dalam waktu 41,96 detik. Bugatti juga menyebutkan hypercar ini pernah mencetak rekor kecepatan pada 2019, yakni 490,484 km/jam, yang bertahan hingga saat ini.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])