BPJS Ketenagakerjaan Purwokerto Optimalkan Peran Perisai

Nusantaratv.com - 26 Mei 2023

Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Purwokerto Antony Sugiarto (kiri) menyaksikan penyerahan klaim jaminan sosial ketenagakerjaan kepada Julianto selaku ahli waris Kaminah pada acara Rapat Koperasi Semedo Manise Sejahtera di Balai Kelompok Tani Manggar Jaya, Desa Semedo, Rabu (24/5/2023). (ANTARA/HO-BPJAMSOSTEK Purwokerto)
Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Purwokerto Antony Sugiarto (kiri) menyaksikan penyerahan klaim jaminan sosial ketenagakerjaan kepada Julianto selaku ahli waris Kaminah pada acara Rapat Koperasi Semedo Manise Sejahtera di Balai Kelompok Tani Manggar Jaya, Desa Semedo, Rabu (24/5/2023). (ANTARA/HO-BPJAMSOSTEK Purwokerto)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com  - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Purwokerto mengoptimalkan peran Penggerak Jaminan Sosial Indonesia (Perisai) untuk menjangkau masyarakat pekerja di desa-desa.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwokerto Antony Sugiarto menyampaikan bahwa jaminan sosial ketenagakerjaan tidak hanya memberikan perlindungan kepada pekerja formal atau pekerja penerima upah, tetapi juga pekerja informal atau pekerja bukan penerima upah.

"Seperti petani, pedagang, penderes, penyadap, tukang ojek, dan lain-lain," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, Jumat.

Oleh karena itu, ia mengatakan, BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK bekerja sama dengan keagenan Perisai untuk menjangkau para pekerja, termasuk pekerja informal, yang ada di desa-desa.

Agen Perisai yang telah bekerja sama dengan BPJAMSOSTEK antara lain Akhmad Sobirin, pengusaha gula semut di Desa Semedo, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas.

Agen Perisai bertugas melakukan edukasi dan sosialisasi guna memberikan pemahaman tentang program-program BPJS Ketenagakerjaan kepada masyarakat pekerja di desa.

Antony mengatakan bahwa agen Perisai seperti Akhmad Sobirin juga bisa membantu pekerja yang ingin mengakses program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Pekerja di wilayah Kecamatan Pekuncen bisa meminta bantuan agen Perisai Akhmad Sobirin untuk mendaftar menjadi peserta program jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Diharapkan dengan terlindunginya masyarakat pekerja yang ada di Kecamatan Pekuncen dalam jaminan sosial ketenagakerjaan bisa mengantisipasi timbulnya masyarakat miskin baru di saat masyarakat pekerja mengalami risiko kerja," kata Antony.

Antony mengatakan, hanya dengan membayar iuran Rp16.800 per bulan pekerja bisa mendapatkan perlindungan dari program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Dengan demikian, jika pekerja mengalami kecelakaan kerja maka mereka bisa mendapat bantuan transportasi, biaya perawatan dan pengobatan yang tidak dibatasi jika sesuai indikasi medis, santunan sementara tidak mampu bekerja, biaya perawatan di rumah, penggantian orthose dan prothose, santunan kecacatan, santunan kematian, serta beasiswa untuk dua anak pekerja yang meninggal karena kecelakaan kerja dari tingkat taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi.

"Misalkan seorang petani meninggal dunia karena kecelakaan kerja dan memiliki dua orang anak yang masih TK, ahli waris berhak mendapatkan Rp70 juta untuk jaminan kematian dan Rp174 juta untuk beasiswa dari TK hingga perguruan tinggi," kata Antony.

Jika pekerja meninggal bukan karena kecelakaan kerja, maka ahli warisnya berhak mendapatkan dana Rp42 juta.

Julianto selaku ahli waris peserta program BPJS Ketenagakerjaan bernama Kaminah pada Rabu (24/5) menerima dana kematian sebanyak itu dalam Rapat Koperasi Semedo Manise Sejahtera di Balai Kelompok Tani Manggar Jaya, Desa Semedo.

Kaminah mendaftar menjadi peserta program BPJS Ketenagakerjaan melalui agen Perisai Akhmad Sobirin.

"Mengingat pentingnya perlindungan BPJAMSOSTEK sebagai salah satu program untuk mengantisipasi timbulnya kemiskinan baru, maka kami mengajak pemerintah desa agar memperhatikan kesejahteraan masyarakat pekerja yang ada di desanya untuk mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan," kata Antony.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])