BPJamsostek Lampung: 60 Ribu Pekerja Mandiri Dilindungi Jaminan Sosial

Nusantaratv.com - 25/01/2023 14:26

Ilustrasi- Pelaku UMKM Lampung yang masuk dalam kategori pekerja informal dan perlu pula mendapatkan perlindungan sosial ketenagakerjaan. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.
Ilustrasi- Pelaku UMKM Lampung yang masuk dalam kategori pekerja informal dan perlu pula mendapatkan perlindungan sosial ketenagakerjaan. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJamsostek Cabang Bandarlampung mencatat pada 2022 telah ada 60 ribu orang pekerja mandiri di Lampung yang terlindungi program jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Untuk tahun 2022 ini pekerja mandiri yang sudah menjadi peserta aktif ada 60 ribu orang," ujar Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bandarlampung Sulistijo Nisita Wirjawan, di Bandarlampung, Rabu.

Ia mengatakan pekerja mandiri yang telah mendapatkan jaminan sosial ketenagakerjaan tersebut terdiri dari pekerja di sektor informal seperti pelaku UMKM, pedagang kaki lima, petani, serta nelayan.

"Pada tahun 2023 ini target yang diberikan pemerintah pusat untuk memberikan perlindungan bagi pekerja mandiri ada 106 ribu pekerja di Lampung," katanya.

Dia menjelaskan saat ini pihaknya terus mendorong agar semua pekerja mandiri di Lampung dapat terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Kalau mandiri ini bukan hanya ke nelayan, petani, tetapi bisa bagi pelaku UMKM, tukang ojek, pedagang kaki lima, dan masih banyak lagi. Ini jadi tugas kita bersama untuk melindungi pekerja mandiri dengan jaminan sosial tenaga kerja," tambahnya.

Menurut dia untuk jumlah keseluruhan pekerja baik penerima upah atau pekerja formal dan pekerja informal atau pekerja mandiri totalnya yang telah mendapatkan perlindungan sosial ketenagakerjaan ada 200 ribu pekerja.

"Pekerja yang terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan total ada 200 ribu pekerja, sedangkan untuk target yang harus dipenuhi dalam masa waktu lima tahun harus 65 persen dari total potensi pekerja 1,6 juta orang," tambahnya.

Dia melanjutkan bila diperkirakan target dalam satu tahun pekerja memperoleh perlindungan ketenagakerjaan adalah 100 ribu pekerja mandiri dan 223 ribu pekerja penerima upah.

"Jadi akan diupayakan dalam lima tahun ini target dapat tercapai. Untuk khusus Lampung kurang lebih dalam satu tahun target untuk pekerja mandiri 100 ribu pekerja dan 223 ribu pekerja untuk sektor pekerja formal yang mampu terlindungi jaminan sosial tenaga kerja," ucap dia lagi.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in