BPBD Bangka Salurkan Bantuan Material Untuk Korban Puting Beliung

Nusantaratv.com - 25/11/2022 16:34

Kepala BPBD Bangka Nursi menyalurkan bantuan material bangunan bagi korban angin puting beliung (ANTARA/Kasmono)
Kepala BPBD Bangka Nursi menyalurkan bantuan material bangunan bagi korban angin puting beliung (ANTARA/Kasmono)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan bantuan material bangunan untuk korban angin puting beliung di daerah itu.

"Bantuan material bangunan berupa asbes atau atap rumah, paku dan jenis material bangunan yang lain merupakan upaya pemerintah daerah membantu mempercepat perbaikan rumah korban yang rusak akibat bencana alam angin puting beliung yang terjadi pada Kamis (17/11)," kata Kepala BPBD Kabupaten Bangka Nursi di Sungailiat, Jumat.

Akibat bencana alam angin puting beliung tersebut, BPBD Kabupaten Bangka mencatat puluhan rumah warga mengalami kerusakan yang sebagian besar di bagian atap rumah.

"Kerusakan rumah warga tersebar di 12 desa dan kelurahan di Kabupaten Bangka seperti di Jelitik, Mentabak Pemali, Kuto Panji, Air Jukung, Bintet, Sungailiat, Rambak, Lingkungan Nangnung, Sinar Jaya, Jelutung dan Bukit Ketok," kata Nursi.

Saat bencana alam itu diketahui, kata dia, satu unit asrama putri Pondok Pesantren Mentabak Pemali mengalami kerusakan di bagian atap yang terbilang cukup parah.

"Meskipun tidak ada korban jiwa dalam musibah itu, tetapi kerugian korban terakumulasi mencapai puluhan juta rupiah," kata dia.

Menurutnya, angin puting beliung merupakan musibah bencana alam yang sering terjadi di sejumlah wilayah Kabupaten Bangka selain musibah banjir saat musim penghujan.

"Saya mengingatkan seluruh lapisan masyarakat agar tetap mewaspadai potensi musibah pada saat musim penghujan, pastikan saluran air harus bersih dari tumpukan sampah yang dapat menghambat air mengalir, begitu juga pepohonan besar yang tinggi dekat pemukiman hendaknya segera ditebang," jelas dia.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in