BIN Luncurkan Aplikasi Tangkal Covid-19 Varian MU

Nusantaratv.com - 29 September 2021

Peluncuran aplikasi tangkal covid-19/ist
Peluncuran aplikasi tangkal covid-19/ist

Penulis: Ramses Manurung

Cibinong, Nusantaratv.com-Pemerintah dan institusi terkait terus berupaya meningkatkan sarana dan prasarana untuk menangkal pandemi covid-19 khususnya antisipasi ancaman varian baru covid-19. 

Terbaru, Badan Intelijen Negara (BIN) pada Rabu (29/9/2021) meluncurkan aplikasi yang mampu mendeteksi varian baru covid-19 termasuk varian MU. 

Kegiatan peluncuran aplikasi terbaru ini dilakukan bersamaan dengan vaksinasi pelajar di SMKN 1 Cibinong. Peluncuran turut dihadiri Ketua DPR Puan Maharani. 

Sistem teknologi yang digarap BIN ini diberi nama 'TangkalCOVID-19.id'. Aplikasi ini mampu memprediksi kasus baru covid-19 di tiap kabupaten/kota.

Akurasi dari sistem ini disebut mencapai 95 persen. TangkalCOVID-19.id ini diperkaya informasi penyebaran Corona varian Alfa, Beta, dan Delta. Termasuk varian MU yang diawasi WHO.

Baca juga: Sambut Endemi, Jokowi: Kita Hidup Berdampingan dengan Covid

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Purn Budi Gunawan mengatakan aplikasi ini diluncurkan sebagai langkah nyata penanganan Corona, selain program vaksin door to door.

"BIN sebagai garda terdepan untuk mengantisipasi ancaman pandemi serta dalam rangka menjalankan amanat UU 17 tahun 2011 tentang intelijen negara," kata Budi mengutip detik.

Aplikasi diharapkan dapat mengedukasi masyarakat untuk mengampanyekan kepatuhan protokol kesehatan. Aplikasi ini juga untuk mengantisipasi terbentuknya klaster covid-19.

"Semua upaya anak bangsa ini dipersiapkan guna mendukung Indonesia dalam rangka transisi dari status pandemi menjadi endemi," kata Budi.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])