Fadli Zon Imbau Masyarakat Cermati Jejak Rekam Caleg 2024 Lewat Sosmed

Nusantaratv.com - 13 Februari 2024

Anggota DPR RI Fadli Zon saat menjadi narasumber dalam acara ‘Pemilu Legislatif, Bijak Memilih Pasti Terwakili’ yang digelar oleh Biro Pemberitaan Parlemen bersama Tempo di Senayan, Jakarta, Selasa (13/2/2024). Foto: Farhan/nr
Anggota DPR RI Fadli Zon saat menjadi narasumber dalam acara ‘Pemilu Legislatif, Bijak Memilih Pasti Terwakili’ yang digelar oleh Biro Pemberitaan Parlemen bersama Tempo di Senayan, Jakarta, Selasa (13/2/2024). Foto: Farhan/nr

Penulis: Bagas Adi Pangestu

Nusantaratv.com - Pemilihan Umum (Pemilu) yang tak lama lagi akan digelar 14 Februari 2024 merupakan satu momen penting bagi masyarakat untuk menentukan pilihan wakilnya untuk 5 tahun yang akan datang, baik untuk Pemilihan Presiden/Wakil Presiden (Pilpres) maupun untuk Pemilihan Legislatif (Pileg). Khususnya Pileg, masyarakat diharapkan cermat dalam memilih calon Anggota DPR RI, mengingat  wakil rakyat di Parlemen memiliki tiga fungsi yang sangat penting yaitu fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan, salah satunya mencermati melalui sosial media.

“Sehingga perlu misalnya juga melihat rekam jejak apa yang dilakukan, sekarang dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi semakin terbuka dari platform sosial media para calon bisa kita lihat, apa pikirannya, apa pendapatnya, apa sikapnya terhadap masalah-masalah tertentu terhadap hal-hal tertentu, terhadap isu-isu dan topik-topik yang spesifik, itu bisa kita lihat dari platform Instagram, X (Twitter), di Facebook, di YouTube atau di TikTok, ujar Anggota DPR RI Fadli Zon saat hadir sebagai narasumber dalam acara ‘Pemilu Legislatif, Bijak Memilih Pasti Terwakili’ yang digelar oleh Biro Pemberitaan Parlemen bersama Tempo di Ruang Abdul Muis, Gedung Nusantara DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (13/2/2024).

"... sekarang dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi semakin terbuka dari platform sosial media para calon bisa kita lihat, apa pikirannya, apa pendapatnya, apa sikapnya terhadap masalah-masalah tertentu ..."

Selain membuat UU bersama Pemerintah, kontrol eksekutif hingga APBN bersama Pemerintah, Fadli juga mengingatkan pentingnya peningkatan literasi kepada masyarakat luas bahwasanya Anggota DPR RI memiliki fungsi representasi dalam satu tugas yang memperjuangkan aspirasi masyarakat yang diwakili di daerah pemilihan masing masing. “Misalnya Bu Ledia dari Bandung,  saya dari Kabupaten Bogor, tetapi kita juga bukan hanya memperjuangkan aspirasi dari daerah pemilihan kita, tapi kita mewakili rakyat Indonesia di DPR RI,” jelas Fadli.

Bahkan, ungkap Politisi Fraksi Partai Gerindra ini, masyarakat juga perlu diberikan pemahaman dan edukasi politik  secara lebih spesifik lagi. Misalnya, contoh Fadli, dalam Diplomasi Parlemen ia selaku Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP DPR RI) merupakan focal point dari Diplomasi Parlemen baik secara internasional, regional, maupun bilateral.

Oleh karena itu, Legislator Dapil Jabar tersebut mengapresiasi giat acara ‘Pemilu Legislatif, Bijak Memilih Pasti Terwakili’ yang digelar oleh Biro Pemberitaan Parlemen bersama Tempo tersebut sebagai bagian dari edukasi dan literasi tentang Pemilu tentang Calon-Calon Anggota Legislatif, Calon Presiden sehingga masyarakat Indonesia semakin bijak memilih khususnya dalam kontestasi Pileg mendatang supaya suara rakyat betul-betul dapat terwakili di rumah rakyat.

Turut hadir dalam acara dihadiri secara antusias oleh segenap mahasiswa-mahasiswi tersebut diantaranya Anggota DPR RI Ledia Hanifa Amaliah, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar, Deputi Persidangan Suprihartini, Kepala Biro Pemberitaan Parlemen Indra Pahlevi serta segenap jajaran pejabat tinggi Setjen DPR RI.

Hadir Direktur Tempo Wahyu Dhyatmika yang akrab disapa Bli Komang dan Peneliti Komunikasi dan Media yang merupakan Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI serta juga tercatat sebagai salah satu dosen pengajar di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Kunto Adi Wibowo.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])