Bibit Perenang Potensial Bermunculan di Peparnas Papua

Nusantaratv.com - 08 November 2021

Cabang olahraga renang Peparnas Papua
Cabang olahraga renang Peparnas Papua

Penulis: Arfa Gandhi | Editor: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Hari pertama perlombaan cabang olahraga renang Peparnas Papua langsung menyuguhkan persaingan sengit antar peserta di Arena Akuatik Kampung Harapan, Senin (8/11/2021).

Perenang dari berbagai daerah menunjukkan performa apik mereka untuk menjadi yang terbaik di 22 nomor perlombaan pada hari partama.

Elvan Leonardi asal Jawa Barat menjadi peraih emas pertama dalam pesta olahraga empat tahunan tersebut.

Dia finis terdepan dalam lomba 100 meter gaya bebas putra S8 dengan mencatatkan waktu 1 menit 11,60 detik. Dia mengalahkan wakil Riau Andika yang finis kedua dengan 1 menit 25,84 detik dan wakil Maluku Nyong Wally finis ketiga dengan 1 menit 26,60 detik.

Kemudian pada lomba selanjutnya, Santoso dari Kalimantan Barat berhasil menjadi yang terbaik pada nomor 100 meter gaya bebas putra S9 dengan 1 menit 08,28 detik.

Dilanjutkan dengan raihan apik perenang-perenang lainnya. Bahkan lima rekor nasional juga berhasil terpecahkan dalam lomba hari pertama.

Dua diantaranya terjadi pada nomor 50 meter gaya dada putra dan putri S6 melalui Gerry Pahker dan Siti Alfiah.

Garry yang hadir dengan status debutan memecahkan rekor milik Toif Fauzi yang sebelumnya menjadi yang terbaik pada 2016 dengan 48,02 detik.

Sedangkan Siti Alfiah yang juga kali pertama tampil di Peparnas berhasil menggeser Riyanti yang sebelumnya berstatus sebagai pemegang rekornas dengan 59,15 detik.

Terciptanya sejumlah rekornas ini mendapat apresiasi dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

"Saya melihat atlet sangat bersemangat dalam perlombaan di Peparnas Papua ini. Mereka menunjukkan penampilan yang luar biasa. Terbukti dengan adanya sejumlah rekor tercipta," kata Menpora Amali yang menyaksikan perlombaan renang hari pertama.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])