Bekerja di McDonald's pada Usia 15 Tahun, Wanita Ini Sekarang Jadi 'Ratu Donat' Bernilai Rp87,2 Miliar

Nusantaratv.com - 24 Januari 2022

Kristy Bannister menjelma sebagai 'ratu donat' dengan bisnis senilai Rp87,2 miliar. (The Sun)
Kristy Bannister menjelma sebagai 'ratu donat' dengan bisnis senilai Rp87,2 miliar. (The Sun)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Seorang wanita yang pernah memasak burger di McDonald's kini memiliki kerajaan donat. Dijuluki 'ratu donat', usahanya itu bahkan telah bernilai £4,5 juta (Rp87,2 miliar).

Dikutip dari The Sun, Senin (24/1/2022), wanita bernama Kristy Bannister itu memulai pekerjaannya di gerai makanan cepat saji pada usia 15 tahun. Dia membutuhkan waktu selama dua dekade sebelum memulai bisnis pembuatan donatnya sendiri.

Kini Kirsty dijuluki 'ratu donat' dan memberitahu 7Life jika dia dan suaminya Geoff menghemat sen demi sen serta hidup dari mie instan selama dua tahun sebelum memulai bisnis sehingga mereka dapat melakukan segalanya di depan.

Dia menyebutkan jika pekerjaannya dengan McDonald's dia hargai sebagai langkah untuk kesuksesan. "Setelah awal yang sederhana sebagai pelatih kru pada usia 15, saya berkembang ke peran yang berbeda. Pada usia 19, saya menjadi manajer Macca dan saya bekerja sebanyak mungkin untuk membayar kuliah," kata Kirsty kepada jaringan Aussie.

"Saya belajar pemasaran dan selalu berpikir bahwa ketika saya menyelesaikan gelar saya, saya akan mengejar pekerjaan di bidang itu, tetapi saya benar-benar menemukan bahwa saya sangat suka belajar tentang bagaimana bisnis beroperasi, dan bagaimana memimpin tim," lanjutnya.

"Jadi saya bertahan dan memulai karir dengan McDonald's. Itulah yang memberi rasa pertama pada saya menjalankan bisnis," tambah Kirsty.

Kirsty akhirnya mendapati dirinya menjalankan departemen McCafe di mana dia pertama kali membangun bisnis pembuatan donatnya. "Rencana kami adalah untuk membuka kafe yang menjual donat pada menunya. Saat itu kami tidak dapat menemukan pilihan donat yang cocok sehingga kami memutuskan untuk mencoba membuatnya sendiri," terangnya.

"Dari tidak punya pengalaman dalam memanggang atau pastry, produk jadinya cukup bagus sehingga kami mengembangkan merek donat yang dapat kami jual secara eksklusif melalui kafe kami untuk menarik pelanggan."

Hingga akhirnya usaha bernama Dr. Dough Donuts lahir. Kirsty dan Geoff, yang berjumpa saat bekerja di McDonald's, mengembangkan bisnis mereka saat mereka terus bekerja untuk rantai makanan cepat saji.

"Kami sengaja mencap dan memasarkan donat secara terpisah dari kafe kami untuk membuka pintu bagi potensi kedua bisnis untuk dapat berdiri sendiri di masa depan," terangnya.

"Dan itu ternyata menjadi langkah cerdas karena dengan cepat disadari bahwa produknya akan menjadi merek yang dapat diskalakan dari keduanya," bebernya.

Duo ini kemudian mulai bekerja di dapurnya di Sydney, Australia, sekaligus menabung setiap sen untuk memperluas usaha baru mereka. "Kami memiliki tabungan di lengan baju kami karena kami tidak tahu apa yang diharapkan. Tabungan kami habis dengan sangat cepat," kenangnya.

"Ada banyak makan malam mie dan kami tinggal di atas kafe kami selama dua tahun di sebuah ruangan kecil."

"Kami telah kehilangan penghasilan tetap dan pensiun untuk waktu yang lama, tidak ada cuti tahunan, cuti sakit dan jelas tidak ada keuntungan dari posisi perusahaan."

"Kami membuat keputusan untuk menginvestasikan kembali setiap sen kembali ke bisnis."

"Kami melewati beberapa tahun yang sulit tetapi kami tidak akan mengubah apa pun. Kami masih membuat pengorbanan setiap hari, tetapi itu semua adalah bagian dari menjalankan bisnis," cetusnya.

Ya, pengalaman pertama bekerja di gerai cepat saji itu sangat membantu Kristy dalam menapaki bisnis. "McDonald's memberi Anda kesempatan untuk menjalankan restoran senilai US$10 juta dolar, bertanggung jawab atas 200 anggota staf, keamanan tempat kerja, profitabilitas, semuanya, dengan potensi kemajuan tambahan," ungkapnya.

"Tidak banyak bisnis yang memberi Anda tanggung jawab atau peluang itu. Itu memberi saya landasan bagaimana menjalankan bisnis dengan cara yang benar."

Tapi itu semua terbayar. Di mana Dr. Dough Donut mengalami lonjakan pengiriman selama pandemi. Pasangan itu telah menghadapi beberapa rintangan yang menantang di sepanjang jalan, termasuk ditipu, dirampok dan mengalami penipuan besar yang mencoba bisnis dari mereka.

"Tapi kami tidak akan melakukannya dengan cara lain. Ini telah memberi kami kulit yang sangat keras, radar banteng merah dan telah memberi kami beberapa kisah yang sangat menghibur untuk diceritakan," urainya.

Berkembang cepat dan bisnis ini telah mengukuhkan dirinya sebagai toko suvenir untuk donat dan aksesori pesta dan berada di jalur yang tepat untuk menghasilkan £4,5 juta tahun keuangan ini.

"Ketika kami pertama kali memulai, saya hanya bisa bermimpi tentang di mana kami sekarang dan rencana masa depan kami, tetapi begitu Anda tiba di titik itu, itu menjadi normal baru dan Anda terus berjalan dan terus menetapkan tujuan baru."

"Tidak pernah ada momen di mana kami berpikir, 'ok, kami sudah tiba'. Anda menepuk punggung Anda sendiri untuk menang dan menjaga visinya terus terbentang lebih jauh dan lebih jauh," tukasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])