Basarnas Ternate: Warga Morotai Dilaporkan Hilang Ditemukan Selamat

Nusantaratv.com - 25/11/2022 13:31

Seorang warga asal Kabupaten Pulau Morotai bernama Yosias (42 tahun) yang sempat dilaporkan hilang bersama "longboat" saat pergi ke keluarganya akhirnya ditemukan selamat pada Kamis (24/11/2022). (FOTO ANTARA/Abdul Fatah)
Seorang warga asal Kabupaten Pulau Morotai bernama Yosias (42 tahun) yang sempat dilaporkan hilang bersama "longboat" saat pergi ke keluarganya akhirnya ditemukan selamat pada Kamis (24/11/2022). (FOTO ANTARA/Abdul Fatah)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Provinsi Maluku Utara (Malut) menyatakan seorang warga asal Kabupaten Pulau Morotai bernama Yosias (42 tahun) yang sempat dilaporkan hilang bersama "longboat" saat pergi ke keluarganya akhirnya ditemukan selamat.

"Pada hari kedua (Kamis, 24/11) pencarian, tim SAR gabungan telah membagi Search and Rescue Unit (SRU) dan melakukan pencarian sesuai rencana operasi yang telah dibuat dan pencarian yang dilakukan dari pagi hingga sore hari akhirnya membuahkan hasil," kata  Kepala Basarnas Ternate, Fathur Rahman di Ternate, Jumat.

Ia menjelaskan pada pukul 17.10 WIT, tim SAR gabungan menerima informasi dari keluarga korban bahwa pukul 15.30 WITA korban terombang ambing hingga terdampar di perairan Desa Fitu, Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara dalam keadaan selamat.

Dia menyatakan tim SAR gabungan kemudian melakukan cek silang dan pengecekan keberadaan informasi tersebut dan benar bahwa korban telah berada di kediaman keluarganya.

Sehingga, dengan telah ditemukan korban maka operasi SAR pun ditutup dengan hasil korban ditemukan dalam keadaan selamat. Unsur yang terlibat pun dikembalikan ke satuannya masing-masing.

Sebelumnya, Yosias dilaporkan hilang kontak di antara perairan Morotai dan Halmahera Utara.

Yosias dilaporkan hilang dengan longboat milikinya saat dalam perjalanan dari Tobelo menuju ke Pulau Morotai dan sesuai kronologis kejadian yang diterima, pada tanggal 20 November 2022 pukul 16.00 WIT, korban Yosias berangkat dari Desa Saluta,  Kabupaten Halut menuju ke Desa Waringin Morotai untuk menghadiri tahlilan 40 hari keluarga yang meninggal dunia menggunakan longboat seorang diri.

"Korban Yosias saat itu belum tiba di Desa Waringin dan belum dapat dihubungi," katanya

Setelah menerima laporan dan melakukan koordinasi pada pukul 06.50 WIT, tim SRU SAR Morotai diberangkatkan menuju lokasi menggunakan perahu karet untuk melaksanakan operasi SAR, demikian Fathur Rahman.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in