Basarnas Bali Evakuasi WNA Prancis di Tebing Pantai Atuh

Nusantaratv.com - 26 Mei 2023

Basarnas Bali saat mengevakuasi WNA Prancis di Pantai Atuh, Klungkung, Jumat (26/5/2023). ANTARA/HO-Basarnas Bali
Basarnas Bali saat mengevakuasi WNA Prancis di Pantai Atuh, Klungkung, Jumat (26/5/2023). ANTARA/HO-Basarnas Bali

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Basarnas Bali berhasil melakukan evakuasi terhadap Warga Negara Asing (WNA) Prancis berinisial J (26) yang kelelahan saat berenang dan berlindung di tebing Pantai Atuh, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung.

“Sekitar 45 menit (setelah mendapat informasi) kami tiba di lokasi, korban kita temui dalam posisi sehat berada di pertengahan tebing," kata Koordinator Unit Siaga SAR Nusa Penida Cakra Negara di Klungkung, Jumat.

Cakra menjelaskan mulanya Basarnas Bali Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Denpasar mendapat informasi kejadian pada pukul 13.15 WITA. 

Warga dan pengunjung Pantai Atuh saat itu dikejutkan dengan suara teriakan minta tolong dari bawah tebing. Pelapor mengatakan kepada tim SAR bahwa WNA Prancis itu terlihat dari atas tebing. Pelapor meminta korban tetap bertahan pada posisi tersebut untuk nantinya dievakuasi dengan mudah.

“Sekitar pukul 13.40 WITA diberangkatkan tim rescue dari Unit Siaga Nusa Penida berjumlah enam personel menggunakan RIB (Rigit Inflatable Boat) 02 Nusa Penida,” ujar Cakra.

Setibanya di lokasi, RIB 02 langsung mengarah mendekati korban, namun karena tidak memungkinkan merapat ke tebing, Basarnas Bali melemparkan ring buoy agar dapat menjangkau korban.

Pria asal Prancis itu akhirnya berhasil diselamatkan, namun dengan berenang terlebih dahulu ke arah Tim SAR gabungan, setelah dievakuasi selanjutnya mereka bergerak menuju Pelabuhan Sampalan dan tiba pukul 15.05 WITA.

Cakra menyampaikan selama proses evakuasi berlangsung, Basarnas Bali turut dibantu TNI AL Pos Nusa Penida, Koramil Nusa Penida, Polsek Nusa Penida, dan masyarakat setempat.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])