Banyak yang Engga Nyangka, Ini Fakta-Fakta Unik di Pesawat

Nusantaratv.com - 26/06/2022 17:51

Ilustrasi Pesawat tinggal landas. (jooinn.com)
Ilustrasi Pesawat tinggal landas. (jooinn.com)

Penulis: Armansyah | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Pesawat masih menjadi moda transportasi paling aman dibandingkan jenis transportasi lain. Tingkat kecelakaan pesawat lebih rendah dibandingkan kendaraan umum lainnya. Aviation Safety Network menyebutkan bahwa angka kecelakaan pesawat menurun tajam setiap dekade. Hal ini yang membuat moda transportasi udara selalu jadi favorit semua orang.

Ada beberapa alasan menempatkan pesawat sebagai transportasi teraman, di antaranya adalah perusahaan penerbangan selalu meningkatkan keamanan dan kenyamanan pesawat dengan teknologi terkini. Kemudian kedisiplinan dan skill pilot selalu ditingkatkan, keamanan bandara diperketat tiap tahun, dan lainnya.

Tapi tahukah Kamu ada hal-hal unik yang banyak orang ngga nyangka ada di pesawat. Biar nggak penasaran, yuk kita simak beberapa fakta unik yang ada di dalam pesawat yang berhasil dikumpulkan dari beberapa sumber ini.

1. Pesawat punya klakson  

Sama seperti moda transportasi lainnya, pesawat juga punya klakson lho. Mengutip laman Simple Flying, klakson di pesawat bukan untuk memberitahu pesawat lain di udara atau menakuti burung, melainkan digunakan untuk berkomunikasi dan hanya akan terdengar ketika pesawat sedang berada di darat. Misalnya ketika teknisi sedang memeriksa suatu hal di ruang kokpit atau ia ingin menarik perhatian kru lain yang berada di luar pesawat.

Selain itu, mengutip Aero Corner, pesawat juga dapat membunyikan klakson yang menyerupai sirene ketika muncul masalah tertentu, seperti kebakaran atau ada sistem tertentu yang rusak. Klakson dipasang pada satu set lampu warna-warni dengan masing-masing lampu memiliki arti yang berbeda.

 

2. Makanan pilot dan co-pilot tidak boleh sama 

Soal makanan yang dikonsumsi kapten pilot maskapai penerbangan dan co-pilot selama bertugas ternyata berbeda. Bukan tanpa maksud, melansir Simple Flying, hal ini bertujuan untuk berjaga-jaga jika satu makanan terkontaminasi sehingga kapten pilot atau co-pilot masih bisa mengambil alih tugas penerbangan.

Hal ini dilakukan demi lancarnya penerbangan dan keselamatan seluruh penumpang. Kebanyakan pilot juga berusaha menghindari makan makanan yang bisa memicu gangguan pencernaan. Sambal atau ikan mentah termasuk makanan yang mereka hindari ketika sedang mengudara.


3. Di dalam kopit ada alat yang bentuknya seperti kapak dan berwarna merah

Betuknya mirip kapak. 

Alat itu adalah salah satu peralatan darurat yan harus ada dalam ruang kopit. Fungsinya untuk membuka pintu pada saat pesawat dalam keadaan darurat. Biasanya benda itu ada di belakang kursi kemudi pilot. Bentuknya mirip kapak tapi ada lubang dan berwarna merah.


4. Ada benda seperti kait di sayap pesawat dan berfungsi untuk penyelamatan saat darurat 

Jadi benda itu berfungsi untuk mengait tali yang digunakan sebagai pegangan penumpang saat dievakuasi melalui pintu darurat. Mengingat sayap pesawat licin maka tali yang dikaitkan itu bisa menjadi alat bantu evakuasi.


5. Jika Kamu perhatikan, jendela pesawat memiliki lubang kecil. Tahu apa fungsinya? 

Lubang keci pada jendela ini. 

Lubang kecil itu bukan dibuat untuk aksessoris atau pemanis. Lubang kecil ini berfungsi sebagai regulator tekanan  yang ada dalam kabin. Selain itu lubang kecil itu juga berfungsi untuk mengatur aliran udara. 


6. Ada ruang rahasia di dalam pesawat yang mungkin Kamu nggak tahu di mana tempatnya

Ini ruang rahasianya. 

Ruang rahasia itu biasa digunakan untuk istirahat para awak pesawat. Ruangan ini hanya diketahui oleh awak kabin saja. Biasanya ada di bagian atau belakang pesawat. 

 

7. Saat naik pesawat Kamu pasti mendengar suara bising. Nah itu berasal dari APU

Ini lho penampakannya APU. 

APU adalah suatu sumber daya mandiri. Alat ini adalah salah satu komponen pesawat dan digunakan untuk memberikan energi sistem pesawat ketika pembangkit listrik tidak beroprasi atau ketika daya eksternal tidak tersedia.

 

8. Di negara tertentu ada petugas keamanan khusus yang bernama Air Marshal Service untuk penerbangan komersial


Air Marshals Cervice. 

Negara yang punya Air Marshal Service ini biasanya As, Perancis, Jerman, dan Kanada. Petugas keamanan ini menyamar sebagai penumpang saat berada di dalam pesawat. Hal ini menghindari hal buruk seperti pembajakan di dalam pesawat.

 

9. Jika Kamu pernah melihat tanda segitiga pada dinding pesawat, ternyata ini juga ada fungsinya


Ini lho tandanya. 

Tanda segitiga yang berwana hitam itu memiliki fungsi sebagai tanda di mana sayap pesawat dapat dilihat dengan baik. Hal ini berfungsi saat terbang dan ternyata ada indikator yang rusak, pilot bisa mengintip posisi sayap pesawat pada kondisi flap dari tempat yang sudah bertanda itu.

Yang paling utama, tanda ini sangat berguna pada kondisi musim dingin, untuk memastikan sayap pesawat telah bebas dari es dan salju.

 

10. Mungkin Kamu nggak tahu kalau udara dalam kabin sebenarnya berasal dari kompresor yang berasal dari masing-masing turbinnya

Udara yang ada di dalam Kabin memang berasal dari luar. Tapi Kamu nggak perlu cemas udara tersebut akan kotor, karena udara yang masuk di dalam kabin sudah di filter dan didinginkan sebelumnya. Jadi, Kamu tetap bisa menikmatinya dengan fresh.

 

11. Pintu pesawat pada saat terbang nggak bisa dibuka lho gais, jadi Kamu pun nggak perlu khawatir pintu akan tebuka sendiri


Membuka pintu pesawat. 

Applegart, pilot British Airlines, mengatakan kalau nggak ada orang yang kuat membuka pintu pesawat saat terbang, sekalipun dia orang yang paling kuat.  Alasannya, karena tekanan udara dalam kabin lebih besar dari pada tekanan yang ada di luar. 

 

12. Jendela pesawat dirancang bulat karena merupakan standarisasi maskapai komersial


Jendelanya bulat. 

Pada tahun 1952 pernah kok jendela pesawat didesain dalam bentuk  persegi. Tapi, jendela yang berbentuk persegi dinilai cacat dan nggak diterapkan lagi. Alasan utamanya karena perbedaan tekanan udara dalam dan luar pesawat menimbulkan tekanan pada masing-masing sudut jendela dan menyebabkan kegagalan struktural dan menyebabkan kecelakaan pesawat

 

13. Sebelum take off dan landing, pramugari memintamu untuk mematikan handphone atau mengaturnya pada flight mode ada alasannya!


Flight mode. 

Alasan utamanya adalah agar sang pilot tidak terganggu pada saat mereka melakukan komunikasi menggunakan radio.

 

14. Pesawat penumpang paling besar di dunia adalah Airbus A380 lho


Airbus A380. Sumber

Pesawat ini punya tempat duduk tingkat dengan mesin jetliner dan terbang pertama kali pada 27 April 2005. Pesawat ini punya 4 juta komponen penyusunnya lho. 

 

15. Oksigen yang ada dalam masker oksigen darurat pesawat hanya bisa digunakan selama 15 menit

Masker oksigen pesawat. 

Inilah kenapa masker oksigen hanya digunakan pada saat darurat saja. Tentunya Kamu pun enggan terjebak dalam situasi seperti itu kan? Jadi saat terjadi kondisi darurat, pada waktu kurang dari 15 menit pesawat harus dibawa ke ketinggian normal.

 

16. Pesawat telah dirancang untuk siap menerima sambaran petir

Masih menurut Simple Flying, dalam setahun, setidaknya ada satu kali kejadian pesawat komersial tersambar petir. Namun, hal ini tidaklah terlalu membahayakan. Mengutip situs Time, pesawat komersial standar telah dirancang untuk menerima sambaran petir. Bagian logam dan sistem perlindungan terhadap petir pada badan pesawat mencegah terjadinya penumpukan listrik.

Pada kebanyakan kasus yang terjadi, bagian pesawat yang tersambar petir hanya menyisakan bekas hangus di permukaannya. Namun, jika sampai pesawat tersambar petir, pilot akan otomatis memeriksa semua sistem untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Jika terdeteksi ada masalah serius, pesawat akan dialihkan untuk mendarat di bandara terdekat.

Nah itulah 16 fakta tentang pesawat yang mungkin Kamu belum tahu. Semoga bermanfaat ya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in