Bantu Mediasi Bebaskan Tawanan Perang, Volodymyr Zelenskyy Berterima Kasih kepada Pangeran Arab Saudi

Nusantaratv.com - 24/09/2022 10:37

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman. (Saudi Gazette)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman. (Saudi Gazette)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berterima kasih kepada Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman karena telah membantu melakukan mediasi pembebasan 10 tawanan perang yang ditangkap di Ukraina.  

Ucapan terima kasih itu disampaikan Zelenskyy saat Putra Mahkota melakukan panggilan telepon terhadap dirinya pada Kamis (22/9/2022). "Melakukan percakapan ramah dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman," cuit Zelenskyy di akun Twitter-nya, dikutip dari Saudi Gazette, Sabtu (24/9/2022).

"Terima kasih untuk fasilitasi dalam pembebasan warga negara asing, keterlibatan dalam mediasi dan peran utama Arab Saudi di wilayah tersebut."

"Kami membahas keamanan energi Ukraina, pemulihan pasca perang dan proyek investasi bersama," tambah Zelenskyy.

Menteri Luar Negeri Saudi Pangeran Faisal bin Farhan mengatakan keberhasilan upaya mediasi Putra Mahkota untuk pertukaran tawanan perang antara Ukraina dan Rusia menunjukkan komitmen Kerajaan terhadap perdamaian dan keamanan global, dan keyakinannya akan pentingnya dialog.

"Kerajaan berterima kasih atas kerja sama dan niat baik yang ditunjukkan oleh Ukraina dan Rusia terhadap upaya mediasi Putra Mahkota untuk melakukan pembebasan tawanan perang dari lima negara," ungkapnya.

Dia mengatakan Kerajaan percaya bahwa dialog konstruktif adalah jalan terbaik untuk mengakhiri konflik ini.

Pada Rabu (21/9/2022), Kementerian Luar Negeri Saudi mengumumkan Putra Mahkota Mohammed bin Salman telah berhasil dalam upaya mediasi yang mengarah pada pembebasan 10 tawanan perang sebagai bagian dari pertukaran tawanan perang antara Rusia dan Ukraina.

Tawanan perang yang dibebaskan termasuk warga negara Maroko, Amerika Serikat (AS), Inggris, Swedia dan Kroasia. Pihak berwenang Saudi yang berkompeten telah menerima dan memindahkan para tahanan dari Rusia ke Kerajaan dan memfasilitasi prosedur untuk kembali dengan aman ke negara masing-masing.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in