Bangkitnya Wisata Olahraga di Bumi Sriwijaya

Nusantaratv.com - 25/01/2023 17:55

Pelatih kepala Jakarta Bhayangkara Presisi Reidel Alfonso Gonzalez Toiran (kanan) saat konferensi pers dalam PLN Mobile Proliga 2023 pekan ketiga putaran pertama seri Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (19-1-2023)ANTARA/M Riezko Bima Elko P
Pelatih kepala Jakarta Bhayangkara Presisi Reidel Alfonso Gonzalez Toiran (kanan) saat konferensi pers dalam PLN Mobile Proliga 2023 pekan ketiga putaran pertama seri Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (19-1-2023)ANTARA/M Riezko Bima Elko P

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Aktivitas wisata olahraga di Palembang, Sumatera Selatan, sempat merosot setelah pemerintah setempat mengumumkan seorang warganya meninggal terjangkit COVID-19 pada Maret 2020.

Kota yang memproklamirkan sebagai tujuan wisata olahraga (sport tourism) sejak tahun 2010, kala itu terpaksa membatasi kegiatan berskala besar, nyaris setahun penuh, untuk mengurangi kasus COVID-19 yang cenderung meningkat.

Bahkan saat itu, wisma atlet Jakabaring Sport City pun terpaksa dialihfungsikan menjadi rumah sakit darurat karena 18 rumah sakit rujukan tak sanggup lagi menampung peningkatan pasien sebesar 84 persen atau 2.454 orang dalam sepekan.

Pemerintah setempat akhirnya meliburkan seluruh rangkaian kegiatan olahraga, musik, atau apa pun yang bersifat massal sepanjang tahun 2021.

Memasuki tahun 2022, pemerintah setempat mulai menghidupkan kembali olahraga massal di kota sebagai pusat Kerajaan Sriwijaya abad ke-9 itu.

Di mulai dengan Festival VI Olahraga Rekreasi Masyarakat (Fornas) yang terpusat di Jakabaring Sport City, Palembang, satu pekan penuh terhitung sejak 1 hingga 7 Juni 2022.

Kota ini mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (Muri) karena Fornas edisi ke- 6 ini memiliki jumlah peserta terbanyak sepanjang sejarah penyelenggaraan olahraga masyarakat, yakni mencapai 12.141 orang dari 34 provinsi.

Tepat pada bulan Agustus, kota yang baru merayakan hari jadi ke-1.337 tahun ini kembali menjadi tuan rumah Piala AFF Women U-18. Diikuti tim nasional Indonesia dan delapan negara tetangga (Vietnam, Thailand, Kamboja, Singapura, Australia, Myanmar, Malaysia, dan Filipina).

Kedua event tersebut dibuka secara meriah dengan tarian kolosal dan pesta kembang api. Namun yang perlu digarisbawahi, perhelatan ini sifatnya masih sangat terbatas, nyaris tidak ada suporter di stadion, hanya disiarkan melalui kanal televisi digital.

Semua itu disebabkan Kota Palembang belum sepenuhnya lepas dari COVID-19 meski  kasusnya menurun tajam.

Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan melaporkan positivity rate sempat tersisa 3,14 persen dari periode sebelumnya mencapai 20 persen--84 persen per hari.

Hingga akhirnya pada Desember 2022 Presiden Joko Widodo secara resmi mencabut Peraturan Pembatasan Kegiatan Masyarakat karena terkendalinya kasus penularan COVID-19 berkat makin masifnya vaksinasi COVID-19, bahkan hingga empat dosis vaksin per individu.

Keputusan Presiden itu memberi angin segar bagi keberlanjutan wisata olahraga nasional, khususnya di Ibu Kota Sumatera Selatan ini.

Palembang, sebagai kota yang mengawali debutnya menjadi tuan rumah pertama Pekan Olahraga Nasional di luar Pulau Jawa tahun 2004 hingga sederet multievent olahraga internasional selama 2 dekade terakhir (SEA Games, Asian Games, Islamic Solidarity Games), tahun ini kembali dipercaya untuk menyemarakkan spesialisasinya tersebut, di antaranya Proliga.

Proliga 2023

Palembang kembali terpilih sebagai tuan rumah pertandingan lanjutan putaran pertama pekan ketiga Proliga 2023 yang berlangsung di venue  Palembang Sport and Convention Center (PSCC), Jalan POM, IX, pada 19-22 Januari.

Kompetisi bola voli profesional paling akbar di Indonesia itu, pada musim ke-21 yang kali ini diikuti 14 tim, sekaligus jumlah peserta terbanyak sejak musim 2013 dengan jumlah 14 pertandingan sisa.

Masing-masing terdiri atas delapan tim putra yakni Jakarta Bhayangkara Presisi, Jakarta LavAni Allo Bank, Jakarta STIN BIN, Surabaya BIN Samator, Jakarta BNI 46, Palembang Bank SumselBabel, Jakarta Pertamina Pertamax, dan Kudus Sukun Badak.

Kemudian enam tim putri yakni Jakarta Pertamina Fastron, Bandung BJB Tandamata, Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, Jakarta BIN, Jakarta Popsivo Polwan, dan Jakarta Elektrik PLN.

Pelatih Kepala Tim Putra Jakarta Bhayangkara Presisi Reidel Alfonso Gonzalez Toiran mengaku seri Palembang adalah yang terbaik dari sepanjang putaran pertama Proliga yang dilakoni bersama timnya.

Menurut pria asal Kuba itu, seri Palembang lebih baik dari segi kelayakan infrastruktur gedung olahraga yakni PSCC, karena memiliki sarana lengkap, mulai dari ruang ganti pemain, lapangan pertandingan yang representatif besar dan luas, terlebih semuanya memiliki pendingin ruangan (AC).

“Kalau sebelumnya kami berpeluh keringat saat mulai di Seri Bandung – Seri Purwokerto yang mempengaruhi semangat bertanding tapi di sini saya senang, sejuk karena semua disiapkan sedemikian rupa,” kata Toiran saat ditemui seusai pertandingan berhadapan dengan Jakarta Pertamina Pertamax.

Mantan pebola voli untuk Surabaya Samator ini menyebutkan Palembang selalu mendapat tempat spesial di hatinya.

Hal itu berkat besarnya antusiasme warga Palembang yang sejak dulu selalu memadati gedung olahraga menjadi suporter kala timnya bermain sampai saat ini tetap demikian.

Dukungan dari pemain “ketujuh” itu menjadi salah satu faktor yang turut andil atas capaian prestasi tim yang dibinanya saat ini.

Jakarta Bhayangkara Presisi keluar sebagai juara putaran pertama Proliga 2023 setelah menang meyakinkan dari Jakarta Pertamina Fastron dengan skor 3-0 (25-19, 25-16, 27-25) pada pertandingan ke-40 pekan ketiga putaran pertama di PSCC.

“Terima kasih, Palembang tidak pernah berubah,” ujarnya.

Asisten Pelatih Tim Putra Kudus Sukun Badak Nur Widayanto pun sempat mengemukakan kepada para wartawan yang meliput bahwa antusiasme penonton pada seri Palembang luar biasa.

Bahkan untuk itu, para pemain Kudus Sukun Badak diinstruksikan untuk bermain lepas dan tidak gentar saat menghadapi tim Palembang Bank SumselBabel yang bermain di hadapan publiknya sendiri. Instruksi tersebut membawa tim Badak memaksa tuan rumah bermain empat set meski skor akhir belum berpihak kepada mereka, yakni 3-1 (23-25, 20-25, 25-22, 22-25) untuk kemenangan Palembang Bank SumselBabel.

Antusiasme penonton

Hujan deras yang mengguyur Kota Palembang kala itu tak menghalangi minat warga untuk menonton laga pembuka PLN Mobile Proliga 2023 pekan ketiga putaran pertama secara langsung di PSCC, Kamis 19 Januari.

Berdasarkan pantauan di lokasi, tampak pintu masuk PSCC, di Jalan Pom IX, mulai diramaikan antrean penonton di tengah guyuran hujan, yang mulai turun sekitar pukul 10.00 WIB.

Salah seorang penonton Yoga (28) mengatakan kehadiran dia di ajang olahraga tersebut didorong oleh rasa penasaran untuk merasakan suasana menonton langsung liga voli nasional  di Palembang.

“Ini tahun pertama saya di Palembang, untuk urusan persiapan kerja, sebelumnya saya di Surabaya. Saya ingin merasakan suasana  nonton Proliga di sini seperti apa, eh ternyata hujan, tapiv ya tak11 masalah,” kata editor salah satu studio foto di Jalan Jendral Sudirman Palembang itu.

Yoga menyatakan dirinya sendiri mendukung tim putri Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia yang berhadapan dengan Jakarta Elektrik PLN di laga pembuka Proliga 2023 pekan ketiga putaran pertama.

Adapun alasanya karena tim berjulukan Kebo Giras itu berbasis di Gresik, Jawa Timur sekaligus membawa predikat sebagai runder-up Proliga tahun 2022.
 
1.700 penonton per hari

Panitia Pelaksana PLN Mobile Proliga 2023 pekan ketiga putaran pertama seri Palembang melaporkan ada 1.700 tiket/kursi yang disediakan sejak olahraga bergengsi yang digelar pada 19-22 Januari.

Jumlah tiket per hari yang disediakan oleh panitia tersebut semuanya habis terjual. Hal ini menandakan tingginya minat warga setempat untuk merasakan suasana pertandingan olahraga yang 2 tahun lalu hanya dapat disaksikan secara daring.

Ketua Panitia Pelaksana PLN Mobile Proliga 2023 seri Palembang Bambang Wahyu Nugroho membenarkan hal tersebut bahkan harga tiket yang tergolong tinggi, yakni Rp75.000, tak menyurutkan minat warga untuk datang langsung.

Meskipun PPKM sudah dicabut oleh Presiden Joko Widodo, panitia tetap melakukan pembatasan jumlah penonton.

Sebanyak 1.700 kursi itu hanya 70 persen dari kapasitas penuh tribun penonton di PSCC, yang sebelumnya dikenal dengan Sport Hall Palembang yang dibangun pada 1971 silam.

Kebijakan untuk melakukan pembatasan jumlah penonton tersebut sebagaimana ketentuan dari Kepolisian Daerah Sumatera Selatan untuk meminimalisasi potensi penularan COVID-19 dari kepadatan penonton.

Pengamanan ketat

Keberhasilan penyelenggaraan Proliga 2023 tak lepas dari peran serta aparat kepolisian setempat yang secara optimal memberikan pengamanan, mulai dari pra hingga pasca-kompetisi itu.

Setidaknya 700  polisi disiagakan di seputaran PSCC. Ratusan personel itu masing-masing dari Satuan Intelijen, Satuan Reserse Kriminal, Satuan Lalulintas Kepolisian Resor Kota Besar Palembang, dan ditambah beberapa personel Pengamanan Objek Vital Negara Kepolisian Daerah Sumatera Selatan.

Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Palembang Kombes Pol. Mohkamad Ngajib mengatakan seluruh rangkaian acara Proliga ini dilaksanakan merujuk pada aturan terkait pelaksanaan kegiatan dengan massa besar yang dibakukan kepolisian daerah setempat pada akhir 2022.

Dalam aturan baku kepolisian tersebut mewajibkan setiap panitia pelaksana mengajukan permohonan izin minimal 14 hari sebelum pelaksanaan.

Kemudian, menyiapkan emergency point atau ruang kritis untuk dua-tiga orang per satu meter persegi, menyiapkan crowd management, peta denah lengkap petunjuk keluar masuk penonton.

Momentum kebangkitan

Wakil Direktur Proliga Reginald Nelwan menyatakan seri Palembang sukses menjalankan peran sebagai tuan rumah sekaligus menjadi penutup putaran pertama PLN Proliga 2023.

Kesuksesan itu dilihat dari kesiapan daerah yang dapat meneruskan tren positif jalannya Proliga pada masa "normal" baru pasca-pandemi COVID-19.

Dibanding jumlah penonton pada event sama pada tahun-tahun lalu, jumlahnya terus tumbuh hingga mencapai 1.700 orang per hari atau total 6.800 orang untuk 4 hari pertandingan dengan harga tiket Rp75 ribu.

"Ke depan kita harus lebih maju lagi. Terimakasih,” ujarnya.

Secara khusus, Direktur Utama Bank SumselBabel Achmad Syamsudin mengatakan pihaknya selaku bagian dari penyelenggara mengharapkan Proliga menjadi momentum kebangkitan wisata olahraga di kota ini.

Terlebih pada tahun ini  Palembang bakal kembali menjadi tuan rumah untuk Piala Dunia U-20 bersama Jakarta, Bandung, Solo, dan Bali.

Melalui beragam perhelatan olahraga bergengsi yang diselenggarakan itu sudah sepatutnya bisa mendongkrak prestasi olahraga daerah setempat.

Melalui perhelatan Proliga ini, Bank SumselBabel  membuktikan ​​​​konsistensinya dalam mendukung kemajuan olahraga di Bumi Sriwijaya ini.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in