Bamsoet: IMI Dukung Kapolda Metro Rangkul Pebalap Liar

Nusantaratv.com - 20/12/2021 19:21

Bamsoet bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan pengurus PP IMI.
Bamsoet bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan pengurus PP IMI.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) menegaskan, IMI bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui BUMD Pembangunan Jaya Ancol mendukung langkah Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran untuk merangkul anak-anak muda agar tidak lagi melakukan balap liar di berbagai ruas jalan raya. Sebagai langkah konkrit, IMI, Pembangunan Jaya Ancol, dan Polda Metro Jaya akan memanfaatkan lahan di kawasan Ancol untuk dikembangkan menjadi sirkuit drag race dan road race. Berbagai event balap bisa diselenggarakan secara resmi. Mulai dari kegiatan balap harian, mingguan, bulanan, hingga balapan berkala setiap beberapa bulan, bisa diselenggarakan disini.

Kawasan Ancol dipilih karena selain lokasinya strategis, infrastrukturnya juga relatif sudah lengkap. Tinggal menambah beberapa fasilitas seperti mengaspal jalanan yang akan dijadikan sirkuit, hingga membangun beberapa sarana dan prasarana lainnya. Pihak Pembangunan Jaya Ancol sudah siap melakukannya.

"Salah satu event menarik yang akan dibuat adalah duel balap dengan anggota polisi maupun para pembalap anggota IMI. Jadi setiap hari antar sesama pembalap akan bertanding. Juaranya di akhir minggu, pada Sabtu malam, akan bertanding adu balap dengan salah satu personil kepolisian maupun pembalap IMI. Event balapan perdana drag race dan road race di Ancol akan dilakukan pada 15 Januari 2022," ujar Bamsoet usai bertemu Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran, di Kantor Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (20/12/2021).

Turut hadir pengurus IMI Pusat, antara lain Wakil Ketua Umum Ananda Mikola dan Rifat Sungkar, Hubungan Antar Lembaga Junaidi Elvis dan Andrys Ronaldi, Komisi Sosial Kombes Pol Putu Putera Sadana, Komunikasi dan Media Sosial Hasby Zamri, serta Ketua IMI DKI Jakarta Anondo Eko dan Sekretaris Umum IMI DKI Jakarta Dodi Irawan.

Hadir pula Direktur Utama Pembangunan Jaya Ancol Teuku Sahir Syahali. Serta jajaran dari Polda Metro Jaya, antara lain Kepala Biro Operasi Kombes Marsudianto, Direktur Bimbingan Masyarakat Kombes Pol Badya Wijaya, dan Wakil Direktur Lalu Lintas AKBP Rusdy Pramana.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III bidang Hukum & Keamanan DPR RI ini menjelaskan, sebagai bentuk dukungan, IMI akan menyiapkan hingga 200 Pcs peralatan balap dari mulai helm, baju atau Body protector, hingga sepatu balap bagi para pembalap liar yang akan bertanding di sirkuit Ancol. Sekaligus memberikan pelatihan dan teknik seputar dunia balap, yang akan diberikan langsung oleh para pembalap profesional seperti Ananda Mikola, Rifat Sungkar, Dyan Delato, Eddy Saputra dan lain-lain.

"Daripada memusuhi para pembalap liar, lebih baik kita merangkul mereka. Dibina secara baik dengan menghadirkan sirkuit berkualitas yang bisa diakses semua kalangan, serta memberikan berbagai pelatihan kepada mereka untuk meningkatkan bakat balapnya. Sehingga balapan liar yang membahayakan pembalap dan juga masyarakat pengguna jalan raya lainnya, yang seringkali menjadi masalah sosial, bisa diubah menjadi kekuatan sosial," jelas Bamsoet.

Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Keamanan dan Pertahanan KADIN Indonesia ini menerangkan, kehadiran sirkuit akan membuat aktifitas Ancol menjadi semakin hidup. Memberikan multiplier effect economy yang besar, baik bagi Pembangunan Jaya Ancol maupun bagi masyarakat sekitar. Karenanya selain menyiapkan sirkuit, Pembangunan Jaya Ancol juga akan menyiapkan lahan bagi UMKM untuk menjual berbagai produknya di sekitar lokasi sirkuit.

"Sekaligus mengembangkan Otomotif Mall di Ancol sebagai tempat bagi para pelaku usaha otomotif menjajakan berbagai produk olahraga hingga modifikasi otomotif. Menjadikan kawasan Ancol tidak hanya sebagai pusat hiburan dan kuliner, melainkan juga menjadi pusat olahraga dan modifikasi otomotif di Indonesia," pungkas Bamsoet. 

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in

Berita Terkait
Pelatih Persib Robert Alberts-1656712236
Jersey Terbaru Timnas Sepakbola Indonesia-1656694849
Fornas VI-1656688103