Bahas Afghanistan, Putin Undang Taliban ke Moskow

Nusantaratv.com - 08 Oktober 2021

Putin. (Net)
Putin. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

​​​​​​Nusantaratv.com - Utusan khusus Presiden Vladimir Putin, Zamir Kabulov, menyebut Rusia bakal mengundang perwakilan Taliban dalam dialog internasional terkait Afghanistan di Moskow. Kabulov menjelaskan, pertemuan digelar sekitar tanggal 20 Oktober mendatang.

Dikutip dari kantor berita Rusia via Reuters, Kabulov juga tak memberikan rincian terkait tujuan dan detail lainnya terkait pertemuan tersebut.

Tapi, ini bukan pertama kalinya Rusia menggelar forum internasional tentang Afghanistan. Pada Maret lalu, Moskow juga menjadi tuan rumah konferensi internasional tentang Afghanistan.

Dalam konferensi itu, Rusia, Amerika Serikat, China, dan Pakistan merilis pernyataan bersama yang menyerukan Afghanistan yang saat itu masih dirundung konflik sipil untuk mencapai kesepakatan rekonsiliasi nasional dan menghentikan kekerasan.

Keempat negara itu juga meminta Taliban tak meluncurkan serangan apa pun di musim semi dan musim panas tahun ini.

Sejak itu, AS dan sekutunya mulai menarik pasukan dari Afghanistan sebagai bagian dari kesepakatan pada 2020 lalu.

Penarikan pasukan itu pun menjadi awal manuver  Taliban mengambil alih kekuasaan dari tangan pemerintah Afghanistan dengan cepat pada 15 Agustus lalu.

Sejak Taliban kembali berkuasa, Rusia berulang kali menegaskan kekhawatirannya terkait kemungkinan kelompok militan di Afghanistan menyusup ke negara tetangga, terutama bekas pecahan Uni Soviet yang kini sekutu Moskow.

Rusia juga telah mengadakan latihan militer dengan Tajikistan dan Uzbekistan tak lama setelah Taliban mengklaim kembali berkuasa lagi.

Pada kamis (7/10/2021) Putin juga bertelepon dengan Presiden Tajikistan Emomali Rakhmon. Kedua presiden membahas situasi keamanan seputar perkembangan terakhir di Afghanistan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])