Bagaimana Cara Menyusui Anak Saat Bepergian? Ini Tips Dari Konsultan Laktasi

Nusantaratv.com - 06/08/2022 15:40

Ilustrasi Menyusui / NY TImes
Ilustrasi Menyusui / NY TImes

Penulis: Harry Prasetyo

Nusantaratv.com - ASI adalah salah satu sumber nutrisi penting dalam hal memberi makan bayi Anda yang baru lahir ,dan pengalaman menyusui bisa berbeda untuk setiap ibu, tergantung pada tantangan yang dihadapi. 

Jadi bagaimana ibu bisa membuat pengalaman menyusui lebih baik? Nah, ada beberapa saran yang bisa diberikan, antara lain mempersiapkan diri dengan kelas menyusui, membaca dan mendapatkan informasi tentang menyusui selama antenatal. 

Sebagian besar dari kita tahu bahwa pemberian ASI eksklusif direkomendasikan oleh WHO,  menyarankan pemberian ASI saja sampai usia enam bulan untuk bayi baru lahir dan makanan pendamping ASI setelah enam bulan. Penelitian telah menunjukkan manfaat kesehatan yang luar biasa dari ASI eksklusif, dan membantu bayi membangun sistem kekebalan yang lebih baik. 

Namun, tantangan bagi para ibu saat mengikuti hal yang sama adalah bagaimana memberi makan saat bepergian. Oleh karena itu, Dr Priya Singh (PT), Konsultan Laktasi, Cloudnine Group of Hospitals, Navi Mumbai, Vashi, membahas beberapa petunjuk tentang menyusui di tempat umum.

Perhatikan pakaian, ibu merasa terlalu sulit untuk menyusui dengan pakaian yang terlalu ketat atau pas. Kenakan sesuatu yang bernapas untuk memberi kenyamanan yang cukup saat menyusui bayi di tempat umum. Juga, ada gaun menyusui yang cocok yang tersedia yang dapat dilihat dan diinvestasikan, yang memiliki garis ritsleting depan yang sangat baik yang memungkinkan membukanya tanpa mengangkat seluruh gaun di tempat umum,

Merencanakan tamasya dan mengetahui berapa lama, menyusui di tempat umum selalu bukan pengalaman yang sangat nyaman bagi semua orang. Jika memiliki tamasya cepat seperti mengunjungi bank terdekat atau hanya bertemu teman dan kembali, bisa menyusui bayi di rumah sebelum melangkah keluar, yang memberi Anda sekitar 2 jam untuk menyelesaikan bekerja dan kembali. Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan pompa payudara dan menyimpan susu di rumah jika diperlukan.

Memahami pola makan bayi, misalnya, seberapa sering bayi meminta disusui. Ini akan membantu mempersiapkan diri terlebih dahulu, bayi tidak akan rewel di tempat umum, dan  tidak perlu repot mencari tempat. Mengetahui perkiraan waktu menyusui bayi, dapat mencari area dan membuat diri nyaman sebelum bayi bertanya atau menangis karena kelaparan.

Jika memungkinkan, cobalah untuk keluar dengan satu orang yang dapat membantu, terutama pada hari-hari awal menyusui,

Cari dan tanyakan ruang makan/tempat menyusui sebelum kunjungan Anda atau setidaknya sebelum bayi lapar.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in