Asam Lambung Naik? Ini 7 Obat Herbal Murah dan Mudah Dibuat

Nusantaratv.com - 13/10/2021 17:06

Asam lambung
Asam lambung

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Penyakit asam lambung terjadi akibat naiknya asam lambung menuju esofagus atau kerongkongan. Hal ini karena iritasi yang terjadi pada saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung. Naiknya asam lambung merupakan kondisi yang umum, tetapi bisa menimbulkan nyeri pada ulu hati atau mulas pada area dada bagian bawah. Masalah ini disebut juga dengan Gastroesophageal reflux disease (GERD).

Banyak orang mengalami gangguan refluks asam beberapa kali dalam seminggu. Seseorang dengan GERD dapat mengidap refluks asam yang ringan paling tidak dua kali seminggu, serta gangguan yang parah paling tidak sekali dalam seminggu. Bagi yang mengalami masalah seperti ini perlu mengetahui beberapa cara untuk meredam gejalanya dengan perubahan gaya hidup dan mengonsumsi obat-obatan.

Penyakit asam lambung merupakan masalah pencernaan yang ditandai dengan sensasi terbakar di dada atau hearthburn. Kumatnya asam lambung akan ditandai dengan seringnya bersendawa, mual dan muntah, hingga sesak nafas. Asam lambung yang tiba-tiba muncul harus segera ditangani. Ada beberapa obat herbal yang dapat dibuat sendiri di rumah untuk menangani asam lambung.

Beberapa di antaranya merupakan bumbu-bumbu dapur yang dapat kita temui di dapur. Apa saja itu? Berikut 7 obat herbal untuk mengatasi asam lambung, yang dikutip dari Food NDTV, via lifestyle.sindonews.com. 

1. Daun Kemangi

Selain untuk dimasak, daun kemangi ternyata dapat digunakan untuk mengatasi asam lambung. Hal ini dikarenakan daun kemangi memiliki sifat menenangkan dan karminatif yang membantu mengatasi asam lambung dengan cepat. Caranya, rebus 3-4 daun kemangi dengan secangkir air dan biarkan mendidih selama beberapa menit. Minum ketika asam lambung naik.

2. Kayu Manis

Selain daun Kemangi, bumbu masak lainnya yang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit asam lambung adalah kayu manis. Bumbu sederhana ini bekerja sebagai antasida alami untuk keasaman lambung dan dapat menenangkan perut Anda, dengan meningkatkan pencernaan dan penyerapan. Untuk meredakannya, minumlah teh kayu manis untuk menyembuhkan infeksi pada saluran pencernaan.

3. Cengkeh

Selanjutnya ada cengkeh yang sudah lama menjadi pengobatan tradisional Tiongkok dan Ayurveda untuk mengobati gangguan pencernaan. Hal ini karena cengkeh bersifat karminatif, yang dapat mencegah pembentukan gas di saluran pencernaan.

4. Biji Jinten

Selain itu juga ada biji jinten. Bumbu yang satu ini bekerja sebagai penetral asam yang hebat, membantu pencernaan dan meredakan sakit perut. Cara menggunakannya, hancurkan sedikit biji jinten panggang, aduk ke dalam segelas air atau rendam satu sendok teh biji jinten dalam secangkir air matang dan minum setelah makan.

5. Jahe

Siapa yang tidak kenal jahe? Rempah yang satu ini merupakan obat herbal yang paling banyak digunakan untuk berbagai gangguan kesehatan. Salah satunya asam lambung. Mengapa? Sebab, jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat baik bagi sistem pencernaan. Untuk menggunakannya, Anda bisa mengunyah sepotong jahe segar, meminum sesendok jus jahe dua-tiga kali sehari, atau menyeduh jahe segar dalam secangkir air mendidih dan meminumnya.

6. Air Kelapa

Setelah itu, ada air kelapa yang dapat membuat tingkat asam pH tubuh Anda berubah menjadi basa. Air kelapa ini juga membantu menghasilkan lendir di perut, yang melindungi perut Anda dari efek berbahaya karena produksi asam yang berlebihan.

7. Pisang

Terakhir ada buah pisang yang menjadi favorit banyak orang. Selain buah yang enak, pisang memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk mengatasi asam lambung. Hal ini karena pisang mengandung antasida alami yang dapat bertindak sebagai penyangga terhadap refluks asam. Ini adalah obat rumahan paling sederhana untuk meredakan asam lambung.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in