Asam Lambung Naik? Coba Atasi dengan Soda Kue

Nusantaratv.com - 09/08/2022 22:25

ilustrasi baking soda atau soda kue. (foto: envato element)s
ilustrasi baking soda atau soda kue. (foto: envato element)s

Penulis: Armansyah | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Gejala refluks asam lambung (acid reflux) terjadi ketika asam lambung kembali naik ke kerongkongan sehingga menyebabkan ketidaknyamanan.

Kondisi ini bisa dikendalikan dengan mengubah gaya hidup beserta meminum obat-obat alternatif. Namun kondisi yang parah dan terus menerus memerlukan pertolongan ahli kesehatan segera.

Baking soda bisa menjadi antasid yang efektif untuk menangani refluks asam lambung. Baking soda atau natrium bikarbonat telah digunakan oleh manusia sejak zaman Mesir kuno.

Larutan baking soda bersifat basa alami sehingga mampu menetralkan asam, termasuk asam lambung.

Pintu masuk perut kamu adalah sebuah katup berbentuk cincin yang dikenal dengan sebutan otot lower esophageal sphincter (LES).

Normalnya, LES ini akan segera tertutup setelah makanan melewati kerongkongan. Namun pada beberapa kondisi, LES tidak menutup atau malah terbuka terlalu sering, misalnya ketika kamu makan terlalu banyak.

Kondisi ini bisa menyebabkan asam yang dihasilkan oleh lambung naik menuju kerongkongan dan menimbulkan heartburn atau rasa panas pada ulu hati.

Apabila terjadi lebih dari dua kali dalam seminggu, kondisi ini dapat memicu terjadinya refluks asam lambung (GERD).

Kamu dapat mengonsumsi baking soda untuk meredakan gejala GERD yang timbul.

Baking soda adalah bubuk berwarna putih yang tidak berbau dan terdiri atas natrium dan hidrogen karbonat (natrium bikarbonat). Soda kue memiliki rasa yang pahit dan cenderung bersifat basa.

Natrium bikarbonat tak lain merupakan senyawa aktif yang terkandung dalam obat antasida yang dijual di apotek. Obat antasida merupakan jenis obat yang digunakan untuk mengatasi asam lambung naik.

Itulah mengapa soda kue dipercaya dapat mengatasi asam lambung. Manfaat baking soda untuk asam lambung ini diperkuat dalam temuan penelitian terbitan Journal of medical toxicology (2013).

Hasil penelitian menunjukkan baking soda diketahui memiliki fungsi yang sama dengan antasida atau obat maag, yaitu menetralkan asam lambung.

Natrium bikarbonat dapat bekerja melindungi usus sebagaimana natrium bikarbonat yang dihasilkan oleh pankreas secara alami.

Senyawa basa ini dengan cepat menurunkan kadar asam lambung dan meredakan gejala seperti nyeri di ulu hati, perut kembung, dan mual. (GenPI.co)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in