Asam Folatnya Tinggi, Buah-buahan Ini Cocok Untuk Ibu Hamil

Nusantaratv.com - 17/01/2022 20:02

Ilustrasi wanita hamil (vradiofm.com)
Ilustrasi wanita hamil (vradiofm.com)

Penulis: Supriyanto | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com – Asam folat menjadi salah satu nutrisi penting bagi wanita, terutama di masa kehamilan. Asam folat tidak hanya memberikan manfaat menakjubkan bagi ibu, tapi juga sangat penting untuk janin dalam kandungan. Maka tak heran jika ibu hamil sering diresepkan suplemen asam folat hingga menyusui. 

Tubuh membutuhkan asam folat untuk memproduksi sel-sel baru dan DNA. Dengan asupan asam folat yang cukup, maka tumbuh kembang manusia akan berjalan optimal di sepanjang hidupnya.

Asam folat lebih dikenal dengan istilah folat. Asam folat adalah bentuk sintesis vitamin B9 yang umumnya berasal dari suplemen atau makanan yang telah difortifikasi kan seperti sereal dan juga pasta. Sedangkan sumber alami untuk mendapatan asam folat bisa didapat dari buah, kemudian sayur atau kacang-kacangan. 

Baca Juga: Mulai Sekarang Jangan Makan Pisang Campur Susu, Ini Bahayanya

Lalu buah apa saja yang tinggi akan folatnya? Ibu hamil wajib tahu nih deretan-deretan buah yang kandungan folatnya tinggi. Langsung saja Yuk cari tahu deretan buah-buahan yang cocok dikonsumsi ibu hamil karena bagus untuk perkembangan janin.

1. Alpukat 


Alpukat merupakan buah yang kaya nutrisi dan memiliki kandungan folat tertinggi. Setengah alpukat mentah mengandung 82 mikrogram folat atau sekitar 21 persen dari jumlah yang dibutuhkan dalam sehari.  Selain itu, alpukat juga mengandung nutrisi lain yang baik untuk tubuh seperti potasium, vitamin K, C dan B6. 

2. Pisang


Buah pisang merupakan jenis buah yang dikenal kaya akan nutrisi serta tinggi kandungan folat. Salah satu kandungan penting dalam buah ini yaitu folat yang baik untuk perkembangan janin. 1 pisang ukuran sedang bisa mengandung 23,6 mikrogram folat atau setara dengan 6% kebutuhan harian maka dari itu konsumsi pisang dikombinasikan dengan sumber pangan kaya folat lainnya dapat memenuhi nutrisi tubuh dan mendukung tumbuh kembang janin yang normal. 

3. Pepaya


Buah yang berasal dari Meksiko Selatan dan Amerika ini merupakan salah satu sumber folat yang baik. Dengan rasa yang manis dan warna buah oranye yang segar, 140 gram pepaya dapat mengandung hingga 53 mikrogram folat. 

Nilai tersebut setara dengan sekitar 13 persen dari jumlah harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Pepaya juga dikenal kaya akan vitamin C, kalium dan antioksidan karotenoid yang baik untuk kesehatan.

Baca Juga: Ini 4 Tips Agar Kaca Mobil Tidak Berjamur, Nomor 3 Paling Sering Dilewatkan

Namun pastikan ibu hamil hanya konsumsi pepaya yang matang jika masih mentah banyak mengandung latex dan papain bisa menimbulkan kontraksi Dini sehingga meningkatkan risiko keguguran.  Ketika ingin mengkonsumsi pepaya sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

4. Jeruk


Dari satu buah jeruk besar, bisa didapatkan 55 mikrogram folat atau setara dengan 14 persen dari jumlah harian yang dibutuhkan tubuh. 

Berdasarkan pada studi yang dilakukan Imbard, dkk., dalam international journal of environment mental research And public health tahun 2013, asupan folat atau asam folat cukup bisa menurunkan resiko janin menderita neural tube defects (NTDs) atau malformasi kongenital kompleks yang terjadi pada proses pembentukan embrio. 

Varietas sitrus lain yang bisa menjadi sumber asam folat adalah lemon, grapefruit, jeruk nipis, dan beberapa jenis jeruk lainnya.


5. Blewah 


Buah yang banyak ditemui di bulan Ramadan ini memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Dalam setiap 177 gram blewah mengandung 37,2 mikrogram folat. Buah yang memiliki kandungan serat dan air yang cukup banyak ini juga mengandung betakaroten dan vitamin C. 

Buah blewah dikenal sebagai cantaloupe atau sumber folat yang baik untuk janin. Setiap setengah cup bisa mengandung 17 mikrogram folat dan ketika mengkonsumsi buah ini bisa membantu memenuhi kebutuhan harian bagi ibu hamil. 

Selain buah, asam folat juga bisa didapatkan dari makanan lain seperti:

  • Kacang-kacangan
  • Biji-bijian
  • Asparagus
  • Telur
  • Bayam
  • Kangkung
  • Bit
  • Kubis brussel
  • Brokoli
  • Produk biji-bijian yang diperkaya seperti roti dan pasta

Baca Juga: Jangan Buang Kulit Ari Buah Salak! Tahu Khasiatnya Pasti Menyesal

Untuk ibu hamil, pastikan untuk mendapatkan asupan folat yang cukup. Karena kekurangan folat dapat menyebabkan cacat tabung saraf. 

Kondisi tersebut dapat berupa spina bifida yaitu kondisi sumsum tulang belakang terbuka. Selain itu juga bisa berupa anencephaly, yaitu kondisi keterbelakangan otak yang parah. 

Demikian informasi seputar buah-buahan dengan tinggi asam folat yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Semoga bermanfaat.

Sumber: Artikelkesehatan99.com

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in