AS Buka Penyelidikan Pada 30 Juta Kendaraan Melalui Inflator Kantong Udara

Nusantaratv.com - 20 September 2021

Ilustrasi kantong udara pada kendaraan. (Net)
Ilustrasi kantong udara pada kendaraan. (Net)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Penyelidik keamanan mobil Amerika Serikat (AS) membuka penyelidikan baru terhadap 30 juta kendaraan yang dibuat oleh hampir puluhan produsen mobil dengan kemungkinan rusaknya inflator kantong udara (airbag) Takata.

Hal itu diketahui melalui sebuah dokumen pemerintah yang dilihat oleh Reuters pada Minggu (19/9/2021). Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) pada Jumat (18/9/2021) membuka analisis teknik terhadap sekitar 30 juta kendaraan di AS dari model produksi 2001 hingga 2019. Produsen mobil diberitahu tentang penyelidikan, yang belum dipublikasikan.

Dilansir dari Reuters, Senin (20/9/2021), penyelidikan baru termasuk kendaraan yang dirakit oleh Honda Motor Co, Ford Motor Co, Toyota Motor Corp, General Motors Co, Nissan Motor, Subaru, Tesla, Ferrari NV, Nissan Motor, Mazda, Daimler AG, BMW Chrysler (sekarang bagian dari Stellantis NV), Mobil Porsche, Jaguar Land Rover (milik Tata Motors) dan lain-lain.

Produsen mobil pada Minggu (19/9/2021) menolak berkomentar sebelum pengumuman publik yang diharapkan NHTSA pada Senin (20/9/2021), atau tidak segera menanggapi permintaan komentar. NHTSA juga menolak berkomentar.

"30 juta kendaraan termasuk kedua kendaraan yang memiliki inflator terpasang saat diproduksi serta beberapa inflator yang digunakan dalam perbaikan penarikan sebelumnya," kata NHTSA dalam dokumen tersebut.

Selama dekade terakhir, lebih dari 67 juta inflator kantong udara Takata telah ditarik di negara Paman Sam itu, dan lebih dari 100 juta di seluruh dunia, dalam panggilan balik keselamatan mobil terbesar dalam sejarah karena inflator dapat mengirim pecahan logam yang dapat mematikan, dan ini merupakan insiden langka.

Setidaknya ada 28 kematian di seluruh dunia, termasuk 19 di AS terkait dengan inflator Takata yang rusak dan lebih dari 400 cedera. Sekitar 30 juta kendaraan yang merupakan bagian dari penyelidikan baru memiliki inflator dengan 'pengering' atau zat pengering. Menurut dokumen itu, NHTSA mengatakan tidak ada laporan pecahnya kendaraan di jalan dengan inflator kantong udara dengan agen pengering.

"Meskipun tidak ada risiko keselamatan saat ini yang telah diidentifikasi, pekerjaan lebih lanjut diperlukan untuk mengevaluasi risiko masa depan dari inflator kering yang tidak ditarik kembali," kata NHTSA dalam membuka analisis tekniknya yang dilihat oleh Reuters

"Studi lebih lanjut diperlukan untuk menilai keamanan jangka panjang dari inflator kering," ungkapnya.

NHTSA mengatakan penyebab ledakan inflator terkait dengan penarikan 67 juta inflator yang dapat memancarkan fragmen mematikan adalah propelan yang rusak setelah paparan jangka panjang terhadap fluktuasi suhu tinggi dan kelembaban. Agensi telah meminta semua Takata serupa tanpa bahan pengering untuk ditarik kembali.

Di AS, 16 kematian di kendaraan Honda telah dilaporkan, dua di kendaraan Ford dan satu di BMW, sementara 9 kematian Honda lainnya terjadi di Malaysia, Brasil dan Meksiko.

NHTSA tidak segera merilis rincian berapa banyak kendaraan per pabrikan yang dicakup oleh penyelidikan. Badan keselamatan mengatakan penyelidikan 'akan memerlukan informasi ekstensif tentang proses produksi Takata dan survei inflator di lapangan'.

Awal tahun ini, NHTSA mengatakan dari 67 juta inflator yang ditarik, sekitar 50 juta telah diperbaiki atau diperhitungkan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])