Arab Saudi Bersihkan 1.351 Ranjau Houthi di Yaman

Nusantaratv.com - 24 September 2021

Ilustrasi ranjau. (SPA)
Ilustrasi ranjau. (SPA)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Program aksi membersihkan ranjau darat Arab Saudi berhasil mengangkat 1.351 ranjau darat yang dipasang kelompok milisi Houthi di Yaman.

Pembersihan ranjau darat itu dilakukan selama pekan ketiga September, seperti dikutip dari Arab News, Jumat (24/9/2021). Dari jumlah itu, terdiri dari 13 ranjau anti-personil, 432 ranjau anti-tank, dan 905 persenjataan yang tidak meledak, serta satu alat peledak.

Program ini merupakan salah satu dari beberapa inisiatif yang dilakukan Arab Saudi atas arahan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud untuk membantu meringankan penderitaan rakyat Yaman.

Para ahli Saudi dan internasional sedang memindahkan ranjau yang ditanam oleh milisi Houthi di Marib, Aden, Al-Jawf, Shabwa, Taiz, Hodeidah, Lahij, Sanaa, Al-Bayda, Al-Dhale, dan Saada.

Sebanyak 275.305 ranjau telah dibersihkan sejak dimulainya program ini pada Mei 2018. Dan, lebih dari 1,2 juta ranjau telah ditanam kelompok milisi Houthi, serta telah merenggut nyawa ratusan warga sipil.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])