Anggota TNI Gugur Ditembak Kelompok Bersenjata di Yahukimo-Papua

Nusantaratv.com - 20 November 2021

Ilustrasi pasukan TNI yang bertugas di Papua/ist
Ilustrasi pasukan TNI yang bertugas di Papua/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Seorang anggota TNI yang bertugas dalam satuan Bawah Kendali Operasi (BKO) Aparat Teritorial Koramil Persiapan Suru-Suru, Yahukimo, Papua gugur ditembak oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) pada Sabtu (20/11) pagi.

Selain satu korban gugur, satu personel TNI lainnya juga terluka. 

"Mengakibatkan dua orang korban satu meninggal dunia dan satu luka-luka," kata Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Letnan Kolonel Arm Reza Nur Patria, Sabtu (20/11/2021). 

Reza menuturkan penembakan terjadi sekitar pukul 06.00 WIT. Ketika itu, beberapa anggota dari satuan tersebut tengah berangkat dari Koramil untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari menggunakan speedboat.

Dalam perjalanan, sambung Reza, tiba-tiba terjadi penembakan yang diduga dilakukan oleh kelompok bersenjata.

Dua korban dievakuasi sore hari sekitar pukul 18.00 WIT.

Baca juga: Berulah Lagi! KKB di Sugapa Intan Jaya Papua Tembaki Aparat dan Bakar Kantor Airnav

"Sekira pada pukul 18.00 WIT kedua korban tersebut telah dapat dievakuasi dengan menggunakan Helikopter ke RSUD Dekai," jelasnya mengutip CNNIndonesiacom.

Lebih lanjut Reza mengatakan besok, Minggu 21 November 2021 korban akan dievakuasi ke Jayapura untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Reza menerangkan Satuan BKO yang menjadi korban dalam insiden penembakan itu bertugas untuk mengkoordinasikan sarana dan prasarana Kodim dan Koramil di wilayah tersebut dengan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.

Satuan itu juga membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan taraf perekonomian masyarakat Papua.

"Penembakan yang dilakukan tersebut menunjukkan bahwa kelompok ini tidak menginginkan adanya peningkatan perekonomian bagi masyarakat Papua dengan aksi-aksi penyerangan dan teror yang kerap kali dilakukan bukan hanya kepada aparat TNI Polri namun juga masyarakat lainnya," kata Reza.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])