Analis Ming-Chi Kuo: Apple Bakal Kurangi Pesanan Chipset 3nm pada 2024

Nusantaratv.com - 29 September 2023

Ilustrasi. Apple. (Istimewa)
Ilustrasi. Apple. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Analis Ming-Chi Kuo mengungkapkan masa depan pasar chipset smartphone terlihat suram.

Menurut laporan terbarunya, Apple mengurangi permintaan chip 3nm, dan Qualcomm juga mengurangi produksi, mendorong ASML Belanda untuk memangkas pengiriman peralatan EUV (extreme ultraviolet) pada 2024 sekitar 20-30 persen.

Melansir GSM Arena, Jumat (29/9/2023), Kuo mengungkapkan konsensus pasar saat ini adalah bisnis semikonduktor akan mencapai titik terendah pada paruh kedua tahun ini, namun kemerosotan tersebut mungkin berlanjut hingga kuartal kedua (Q2) 2024.

ASML, sebelumnya dikenal sebagai Advanced Semiconductor Materials Lithography, adalah perusahaan yang berkantor pusat di Veldhoven, Belanda, dan merupakan pemasok peralatan utama untuk pabrik chipset di seluruh dunia. 

Perkiraan mereka mengenai pengiriman yang lebih rendah memiliki tiga alasan utama, seperti ditulis Ming-Chi Kuo. Pertama, Apple menghadapi penurunan permintaan perangkat MacBook dan iPad setelah penurunan tajam dalam kerja dari rumah (work from home/WFH).

Chip Apple baru dan layar mini LED tidak cukup untuk mendorong pelanggan beralih ke perangkat baru, dan Apple mencatat penurunan 30 persen dalam pengiriman laptop (total 17 juta unit selama tahun fiskal), serta penurunan 22 persen untuk pengiriman iPad (48 juta unit).

Minat terhadap chip 3 nm dari Qualcomm juga lebih rendah karena keputusan Huawei untuk menghentikan pengadaan chip dari perusahaan San Diego tersebut, baik dengan atau tanpa modem 5G. 

Ada juga penetrasi yang diharapkan lebih tinggi dari chip Exynos 2400 oleh Samsung, yang berdampak pada perkiraan keseluruhan Qualcomm. Permintaan untuk proses 3GAP+ Samsung dan proses 20A Intel lebih rendah dari yang diharapkan, dan di atas semua itu, Samsung, Micron, dan SK Hynix tidak diharapkan meluncurkan kemajuan memori utama pada 2025 hingga 2027.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])