Aljazair Janjikan Dana Hibah Rp1,4 Triliun untuk Palestina

Nusantaratv.com - 07 Desember 2021

Ilustrasi Masjid Al-Aqsa Palestina. (Istimewa)
Ilustrasi Masjid Al-Aqsa Palestina. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Presiden Aljazair Abdelmadjid Tebboune menjanjikan dana hibah US$100 juta (Rp1,4 triliun) kepada Palestina.

Hal itu disampaikan saat Tebboune menyambut kunjungan Presiden Palestina Mahmud Abbas pada Senin (6/12/2021), seperti dikutip dari AFP. Tebboune mengatakan pemberian dana hibah sesuai dengan sejarah revolusioner Aljazair dan komitmen seluruh rakyat Aljazair untuk mendukung tujuan Palestina yang adil dalam segala kondisi.

Aljazair akan menjadi tuan rumah KTT Liga Arab pada Maret 2022, yang pertama sejak Maroko memperbarui hubungan dengan Israel di tengah serangkaian kesepakatan normalisasi yang ditengahi Amerika Serikat (AS) dengan negara Yahudi itu.

Tebboune mengatakan pada Senin (6/12/2021) jika Aljazair berencana 'untuk membahas masalah Palestina di acara puncak tersebut. Televisi Aljazair juga melaporkan Tebboune mengungkapkan rencananya menjadi tuan rumah pertemuan faksi-faksi Palestina.

Lawatan kenegaraan pemimpin Palestina ke Afrika Utara, di mana dia juga berencana mengunjungi Tunisia, dilakukan dua pekan setelah Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz menandatangani kesepakatan pertahanan yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan Maroko.

Kesepakatan itu memicu ketegangan yang makin tinggi dengan Aljazair, yang melihat kerja sama pertahanan Israel dengan Maroko tersebut sebagai bahaya bagi keamanan nasionalnya.

Seorang pejabat tinggi Aljazair mengatakan kunjungan Gantz 'menargetkan' negaranya. Pada Agustus lalu, Aljazair memutuskan hubungan diplomatik dengan Maroko.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])