Akuisisi SsangYong, Edison Motors Capai Kesepakatan Harga

Nusantaratv.com - 20 Desember 2021

Edison Motors siap akuisisi SsangYong Motor. (Pulse News Korea)
Edison Motors siap akuisisi SsangYong Motor. (Pulse News Korea)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Produsen otomotif Korea Selatan (Korsel) yang fokus mengembangkan kendaraan listrik, Edison Motors Co., mencapai kesepakatan harga untuk mengakuisisi SsangYong Motor Co., yang bermasalah dengan keuangan belakangan ini.

Langkah itu dilakukan setelah konsorsium Edison, mengajukan penawaran senilai 310 miliar won atau setara Rp3,7 triliun untuk SsangYong, dan harus masih bernegosiasi ulang, mengklaim produsen mobil bermasalah itu memiliki kekurangan tambahan.

"Konsorsium awalnya meminta adanya pemotongan 15 miliar won (Rp181,4 miliar) tetapi akhirnya mencapai kesepakatan dengan harga sekitar 304,8 miliar won (Rp3,6 triliun) dengan manajer utama yang ditunjuk pengadilan, firma akuntansi EY Hanyoung," demikian menurut sebuah sumber, seperti dikutip dari kantor berita Yonhap, Senin (20/12/2021).

Disebutkan jika Edison diharapkan membayar setidaknya 10 persen diawal dari harga akuisisi pada akhir bulan ini untuk menandatangani kontrak resmi.

Pada April lalu, SsangYong ditempatkan di bawah kurator pengadilan untuk kedua kalinya setelah menjalani proses yang sama satu dekade sebelumnya.

Perusahaan induknya di India, Mahindra & Mahindra Ltd., gagal menarik investor karena pandemi Covid-19 yang berkepanjangan dan status keuangannya yang memburuk.

Kurator pengadilan adalah salah satu langkah singkat dari kebangkrutan dalam sistem hukum Korsel. Dalam kurator, pengadilan akan memutuskan apakah dan bagaimana menghidupkan kembali perusahaan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])