Akhirnya La Maison De L’Indonésie Resmi Dibuka di Paris

Nusantaratv.com - 09/05/2022 14:50

La Maison De L’Indonésie / istimewa
La Maison De L’Indonésie / istimewa

Penulis: Harry Prasetyo | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com, - Setelah dua tahun berdiri dan mempromosikan produk-produk Indonesia di tengah pandemi di berbagai event ; expo/pameran/market di Perancis, akhirnya Rumah Indonesia  atau La Maison De L’Indonésie (LMDI) di Paris memiliki gedung sendiri secara permanen untuk bisa melakukan kegiatan promosi produk-produk Indonesia secara maksimal. 

Pendiri sekaligus penggagas La Maison De L’Indonésie, Eka Moncarre mengatakan Rumah Indonesia ini berlokasi di daerah strategis untuk bisnis dan pariwisata karena terletak  di daerah Montparnasse, tidak jauh dari stasiun Kereta Api Montparnasse, dan juga  berlokasi di depan MALL terbaru yang akan dibuka Juni 2022 dengan foodcourt terbesar di Eropa yang luasnya 6000 m2. 

"Setelah 3 bulan renovasi total, akhirnya tanggal 18 Mei nanti, Rumah Indonesia Paris secara resmi akan dibuka. Acara peresmian ditandai dengan pemotongan pita dan pemotongan tumpeng, dan juga ditampilkan tari-tarian nusantara Indonesia yang dibawakan oleh diaspora-diaspora Indonesia di Perancis," kata Eka.

Gedung seluas 125 m2 ini di dekorasi dengan nuansa Indonesia yang dikerjakan langsung oleh artis-artis berbakat dari Indonesia yang tinggal di Perancis. Langit-langit disulap dengan dekorasi awan - awan bermotif mega mendung yang membuat sejuk dipandang. 

Ada peta kopi nusantara yang diukir di atas kayu yang menunjukkan daerah-daerah penghasil kopi di Indonesia, dan juga ada 3 burung besar khas Indonesia yang dibuat dari kayu (Elang Jawa, Cendrawasih dan Enggang) dan lukisan mural sebesar 2 x 3 m terpajang di dinding yang berwarna-warni menampilkan budaya, tradisi, flora, dan fauna Indonesia. Semua karya ini dikerjakan oleh artis-artis berbakat Indonesia yang menetap di Perancis dan mamakan waktu 2.5 bulan.

Lebih lanjut Eka mengatakan Rumah Indonesia (LMDI) akan menjual biji-biji kopi Indonesia dalam bentuk Bulk Store (Zero Waste) dimana pengunjung bisa mengambil sendiri, dan juga ada etalase produk-produk UMKM Indonesia dari bumbu-bumbu rempah, jamu, tepung-tepung natural, kecap kelapa, coklat Indonesia, moringa, teh Indonesia, dan masih banyak lagi.

Selain itu juga ada Warung Kopi Indonesia dimana pengunjung juga bisa mencicipi makanan Indonesia dan makan ditempat seperti Nasi Uduk, Nasi Goreng, Mie Goreng, Mie Ayam, etc dengan cita rasa Indonesia dan menu yang berganti setiap hari sambil menikmati kopi/teh/hot chocolate/jamu Indonesia.  

Keunikan dari LMDI adalah selain menu kopi international, juga akan dipromosikan dan dijual kopi Tubruk dan Kopi Drip a la Indonesia  dan tentu saja minuman popular Indonesia seperti Es Kopi Gula Aren.  Selain kopi dan teh, pengunjung bisa mencicipi juga Jamu Indonesia yang dibuat dengan cara kekininian. 

Di Rumah Indonesia juga tersedia VITO’s corner  (Visit Indonesia Tourism Office) dimana tersedia brochure/map daerah-daerah wisata Indonesia yang dibuat oleh Kemenparekraf  Barang-barang kerajinan Indonesia, wastra Indonesia dan buku-buku Indonesia (tourism/art/cooking/lifestyle, etc) juga akan dijual dan menghiasi Rumah Indonesia Paris. 

"Ke depannya Rumah Indonesia juga akan mengadakan kegiatan-kegiatan seperti Workshop, Art/Photo Expo, Mini Market,  dan program-program lainnya untuk mempromosikan pariwisata dan produk-produk Indonesia di Perancis,"pungkas Eka.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in