Akhir 2021, Perusahaan Teknologi Rusia Bakal Uji Coba Taksi Otonom

Nusantaratv.com - 11 September 2021

Taksi otonom Yandex. (Gizmochina)
Taksi otonom Yandex. (Gizmochina)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Raksasa teknologi Rusia, Yandex berencana memulai menguji taksi otonom (self-driving) atau robotaxis, di kota Moskow, pada akhir tahun ini.

Yandex, yang mengoperasikan serangkaian layanan mulai dari pencarian online hingga pengiriman makanan, telah menguji teknologi self-driving selama lebih dari tiga tahun di Rusia, Israel, dan Amerika Serikat (AS).

Robotaxis akan tersedia melalui aplikasi Yandex.Go, perusahaan di satu distrik Moskow untuk pelanggan tertentu, kata Yandex dalam pernyataannya. 

"Peluncuran di Yasenevo adalah tahap pertama dari proyek besar Yandex untuk meluncurkan taksi tanpa pengemudi. Seiring waktu, akan ada lebih banyak mobil, jumlah lokasi yang dapat Anda tuju akan meningkat, dan semakin banyak orang yang dapat memanggil taksi tanpa pengemudi," kata sumber perusahaan, dikutip dari Gizmochina, Sabtu (11/9/2021).

Sayangnya, Undang-Undang (UU) Rusia belum mengizinkan kendaraan otonom untuk berjalan tanpa seorang sopir di belakang kemudi, kecuali di zona ekonomi khusus, seperti kota Innopolis di wilayah Tatarstan.

Pembatasan penggunaannya di daerah-daerah tertentu di kota-kota besar dapat dicabut sebagian setelah Undang-Undang mulai berlaku tahun ini. Saat ini, Yandex memiliki 170 mobil tanpa pengemudi telah menempuh jarak lebih dari 14 juta kilometer.

Perusahaan juga memiliki robot self-driving untuk pengiriman makanan, yang sudah beroperasi di beberapa kampus di AS melalui kemitraan dengan perusahaan pemesanan makanan online GrubHub.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])