Akan Nikah Siri? Ini Risikonya, Wanita Wajib Tahu!

Nusantaratv.com - 02/07/2022 11:36

Ilustrasi Menikah
Ilustrasi Menikah

Penulis: Armansyah | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Menikah siri sebenarnya tidak dilarang dan memang terkadang dianjurkan untuk kondisi-kondisi tertentu. Menikah siri juga bukan berarti pernikahan tersebut tidak sah dan sampai sekarang pun di Indonesia mungkin masih banyak orang yang menerapkan nikah siri. 

Nikah siri adalah sebuah pernikahan yang dilakukan pria dan wanita dengan disaksikan dua saksi, namun tidak dicatat di Kantor Urusan Agama. Nikah siri dikenal juga dengan nama nikah di bawah tangan kini menjadi jalan pintas bagi yang ingin merahasiakan pernikahannya. 

Beberapa alasan seseorang memilih nikah siri, antara lain supaya lebih mudah, karena tak perlu mengurus surat-surat perkawinan, tapi pernikahan tetap sah secara agama. Alasan lainnya, menikah siri kerap dijadikan alternatif bagi para pria yang hendak melakukan poligami.

Sebenarnya resiko atau tidaknya suatu pernikahan merupakan permasalahan pribadi. Ada yang melakukan nikah siri dan dalam perjalanan rumah tangganya baik-baik saja. Namun ada juga kita dengar pernikahan yang dilakukan secara siri ujung-ujungnya bermasalah. 

Lalu apa saja resiko yang akan terjadi ketika menikah siri? Dikutip dari klubpria.com, berikut beberapa hal yang akan terjadi akibat menikah siri.

1. Tidak akan memiliki legalitas negara

Seperti penjelasan sebelumnya, bahwa nikah siri merupakan nikah yang tidak tercatat di KUA. Artinya, pasangan tersebut tidak akan menerima dokumen negara atau dokumen nikah yang resmi dikeluarkan negara, seperti buku nikah. Tentu hal ini akan menjadi penghambat ketika orang tersebut memerlukan dokumen berupa buku nikah sebagai salah satu persyaratan yang harus dipenuhinya.

2. Anak hanya akan tertulis nama ibu

Resiko kedua yang bukan hanya merugikan orang tua melainkan juga merugikan anak adalah akta kelahiran. Perlu Anda ketahui bahwa anak yang lahir dari hasil nikah siri hanya akan tertulis nama ibunya saja di akta kelahiran. Anak yang lahir dari pernikahan tersebut hanya mempunyai hubungan secara perdata dengan ibu maupun keluarga dari ibu.

Tentu saja hal ini bisa berpotensi menganggu psikologis anak jika nanti anak tersebut mengetahui resiko ini dan ketika anak malah membandingkan akta kelahirannya dengan teman lainnya yang orang tuanya menikah secara resmi. Mengapa hanya tertulis nama ibu? Alasannya karena anak tidak memiliki hubungan secara hukum dengan ayah.

3. Istri tidak akan memiliki hak ketika bercerai

Resiko yang ketiga yang diakibatkan dari pernikahan siri adalah istri tidak akan bisa meminta haknya ketika cerai. Memang tidak ada seorang pun yang berkeinginan untuk bercerai. Namun ketika semua hal sudah tidak sesuai dengan harapan ketika menikah, perceraian terkadang menjadi pilihan terakhir yang harus diputuskan.

Ketika istri yang dinikah siri tersebut diceraikan, dia tidak akan bisa menuntut hak-haknya. Istri tersebut tidak akan bisa menerima harta gono-gini dari suaminya. Maka tidak heran jika banyak istri yang merasa dirugikan ketika perceraian terjadi. Oleh sebab itu, seorang wanita harus benar-benar berpikir secara matang sebelum mereka ingin dinikah siri. Jika perlu tanamkan hidup untuk tidak menikah siri karena bisa merugikan wanita.

4. Berpotensi poligami

Resiko menikah siri yang keempat adalah nikah siri bisa dijadikan sebagai jalan untuk poligami. Poligami memang pada dasarnya tidak dilarang. Namun ketika poligami dan nikah siri hanya dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan biologisnya saja. Siapa yang dirugikan? Tentu saja pihak wanita yang mana mereka hanya digunakan sebagai pemuas saja tanpa bisa menuntut hak apapun kepada suami. Oleh sebab itu, jangan sampai wanita mau dinikah siri, harus langsung minta dinikahi secara resmi, baik secara agama maupun negara.

Setiap orang memang berhak menentukan pilihan jalan hidupnya. Tapi, untuk perihal nikah siri ini, ada baiknya jangan gegabah. Karena yang nantinya menanggung resiko atas pilihanmu nggak cuma kamu sendiri, tapi anak juga ikut kena getahnya jika ternyata keputusanmu itu salah.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in