Ajang Pra-Popnas Zona I Mulai Bergulir di Jakarta

Nusantaratv.com - 25 November 2022

Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Kementerian Pemuda dan Olahraga RI Raden Isnanta saat membuka ajang pra-Popnas Zona I di Jakarta, Kamis. (ANTARA/Roy Rosa Bachtiar)
Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Kementerian Pemuda dan Olahraga RI Raden Isnanta saat membuka ajang pra-Popnas Zona I di Jakarta, Kamis. (ANTARA/Roy Rosa Bachtiar)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Agenda Pra-Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) Zona I yang menjadi ajang kualifikasi terakhir mulai bergulir pada 23-30 November di Jakarta.

Prapopnas Zona I yang diikuti oleh enam provinsi yaitu Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Riau, Kepulauan Riau, dan Sumatera Barat ini menjadi rangkaian terakhir dari empat zona prapopnas yang berlangsung tahun ini.

"Pada Pra-Popnas kali ini diikuti tiga cabang olahraga yaitu pencak silat, tinju, dan sepak bola yang menjadi salah satu cabang paling populer," kata Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Kementerian Pemuda dan Olahraga RI Raden Isnanta di Jakarta, Kamis malam.

Berdasarkan informasi yang dipaparkan, ajang kualifikasi itu diikuti lebih dari 400 peserta yang terdiri dari atlet, pelatih, dan rombongan kontingan. Secara rinci, Kemenpora menyebutkan jumlah peserta tiap provinsi terdiri dari Aceh 60 orang, Sumbar 77, Riau 76, Kepulauan Riau 71, Sumatera Utara 60, dan Jambi 70 orang.

Untuk cabang olahraga pencak silat, pelaksanaan kualifikasi akan berlangsung di ballroom Hotel Sahid Jakarta. Sedangkan sepak bola dan tinju dilaksanakan di Gelanggang Olahraga Soemantri Brodjonegoro.

Isnanta menjelaskan, tujuan dilaksanakannya prapopnas ialah untuk efisiensi waktu dalam pelaksanaan Popnas 2023. Dengan adanya kualifikasi pada tahun ini, diharapkan waktu kompetisi pada acara utama tidak terlalu panjang sehingga tidak mengurangi kualitasi pertandingan.

"Peserta dari cabang olahraga yang dilombakan ini sangat banyak, makanya dilakukan kualifikasi agar nanti lebih efisien. Tiga zona lainnya sudah terlebih dulu dilaksanakan, ini yang terakhir zona satu," Isnanta menjelaskan.

Selain berkompetisi, rangkaian pelaksanaan Pra-Popnas juga menjadi sarana bagi Kemenpora untuk mencari bibit-bibit atlet muda dari setiap daerah. Bagi pelajar yang memenuhi penilaian berpeluang mewakili Indonesia dalam Asean Schools Games dan Youth Olympic.

Pra-Popnas dibagi dalam empat zona yaitu Zona I yang berlangsung di Jakarta, Zona II di Lampung, Zona III di Kalimantan Selatan, dan Zona IV di Kalimantan Timur.

Sebelum Jakarta, agenda Pra-Popnas terlebih dulu dilaksanakan pada Zona IV yang dikuti tujuh provinsi yakni Kalimantan Timur, Jawa Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Pada Pra-Popnas Zona IV, cabang olahraga yang dipertandingkan adalah tinju, bola voli, pencak silat, bola basket, sepak takraw, sepak bola, tenis beregu, dan bulu tangkis beregu.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])