Airlangga Perjuangkan Wing Chun Tampil di PON XXI Sumut-Aceh 2024

Nusantaratv.com - 29/01/2022 21:15

Wing Chun
Wing Chun

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI), Airlangga Hartarto terus memperjuangkan nomor Wing Chun untuk bisa dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Sumatera Utara (Sumut) - Aceh 2024.

Untuk itu, Menteri  Koordinator (Menko) Perekomian ini meminta dukungan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat.

Permintaan dukungan itu disampaikan Airlangga Hartarto langsung kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali dan Ketua Umum KONI Pusat, Marciano yang hadir pada saat acara pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) VII Wushu Indonesia yang digelar di Hotel JR Luwansa Jakarta, Jumat (28/1/2021).

"Wing Chun merupakan bagian dari PB WI. Saya berharap dukungan Kemenpora dan KONI Pusat untuk bisa memasukkan nomor Wing Chun dipertandingkan pada PON Sumut-Aceh 2024," imbuhnya.

Sebelumnya, Airlangga Hartarto juga sempat meminta dukungan dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dan Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman pada acara pembukaan Indonesia Wushu All Games (IWAG) 2021 yang mempertandingkan empat nomor termasuk Kejuaran Open Wushu Kungfu-Wing Chun.

Permintaan itu mendapat respon positif dari Marciano Norman. Bahkan, mantan Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) ini  dalam pidato sambutannya saat itu berjanji akan mendorong nomor Wing Chun untuk bisa dipertandingkan pada PON XXI Sumut-Aceh 2024.

Menanggapi perjuangan Airlangga Hartarto, Ketua Ario Academy of Martial Arts (ACMA) Jakarta, Ario Bondan Kejawan memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih.

"Sebagai masyarakat Wing Chun, saya dan teman-teman memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada pak Airlangga Hartarto yang sudah memberikan perhatian dan terus memperjuangkan nomor Wing Chun bisa dipertandingkan pada PON XXI Sumut-Aceh 2024," katanya saat dihubungi Sabtu (29/1/2022).

Tampilnya Wing Chun pada PON XXI Sumut-Aceh 2024, kata Ario, sangat penting dalam upaya menghasilkan bibit-bibit potensial dari berbagai daerah yang bisa dibina untuk mewakili Indonesia pada turnamen internasional yang menjadi kalender Federasi Wushu Internasional (IWUF).

"Potensi atlet Wing Chun Indonesia cukup besar untuk bisa meraih prestasi dan membawa nama harum bangsa dan negara di ajang event internasional," kata Ario yang menjadi wasit/juri pada Indonesia Wushu All Games 2021.

Pada Indonesia Wushu All Games 2021, nomor Wing Chun mempertandingkan kategori Siu Lim Tao, Chum Kiu, Wooden Dummy, dan Luk Dim Boon Gwan.

"Kami sih berharap semua kategori. Tapi, minimal dua kategori saja dipertandingan di PON Sumut-Aceh 2024 itu sudah bagus," tandasnya.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in

Berita Terkait
Skuad Timnas Indonesia-1653478851
Skuad Barito Putera-1653476189
Skuad PSIS Semarang-1653475400
Skuad Bali United FC-1653474973