Ahli: Minum Kopi Setiap Hari Bikin Jantung Sehat dan Umur Panjang

Nusantaratv.com - 27 Maret 2022

Kopi/ist
Kopi/ist

Penulis: Andi Faisal | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Anggapan selama ini yang menyebut kopi kurang baik untuk kesehatan jantung dan bisa memperpendek umur ternyata tidak berdasar. 

Ternyata, selain aroma dan rasanya yang lezat, kopi juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Sebuah penelitian yang dipresentasikan di Sesi Ilmiah Tahunan ke-71 American College of Cardiology, minum kopi, terutama 2-3 cangkir sehari dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan ritme jantung yang berbahaya. Tak hanya itu, penelitian tersebut juga mengungkapkan, minum kopi setiap hari dapat membuat umur panjang, khususnya bagi penderita penyakit kardiovaskular.

Berdasarkan analisis, para peneliti mengatakan peran potensial kopi dalam penyakit jantung dan kematian memberikan kepastian bahwa kopi yang selama ini dianggap buruk untuk kesehatan jantung justru sebaliknya bisa melindungi jantung.

Diduga, para medis sempat menyarankan untuk berhenti minum kopi karena kopi dapat mempercepat detak jantung. Beberapa orang khawatir meminumnya dapat memicu atau memperburuk masalah jantung tertentu. 

"Data kami juga menunjukkan, asupan kopi setiap hari tidak boleh dihilangkan, melainkan dimasukkan sebagai bagian dari diet sehat untuk orang dengan dan tanpa penyakit jantung," papar Peter M. Kistler, penulis senior penelitian tersebut, yang juga profesor dan Kepala Penelitian Aritmia di Alfred Hospital and Baker Heart Institute di Melbourne, Australia. 

"Kami menemukan bahwa minum kopi memiliki efek netral tidak membahayakan  atau dikaitkan dengan manfaat bagi kesehatan jantung," imbuhnya.

Kistler dan timnya menggunakan data dari UK BioBank berisi informasi kesehatan dari lebih dari setengah juta orang yang diikuti setidaknya selama 10 tahun. Para peneliti mengamati berbagai tingkat konsumsi kopi mulai dari 1-6 cangkir sehari dan hubungannya dengan masalah irama jantung (aritmia).

Bahkan diteliti juga kaitannya dengan penyakit kardiovaskular lainnya seperti penyakit arteri koroner, gagal jantung dan stroke, serta kematian total akibat penyakit jantung. Pasien dikelompokkan berdasarkan seberapa banyak kopi yang mereka minum setiap hari: 0, <1, 1, 2-3, 4-5, >5 cangkir per hari.

Hasilnya, secara keseluruhan, mereka tidak menemukan efek buruk kopi atau dalam banyak kasus, pengurangan signifikan dalam risiko kardiovaskular setelah mengontrol olahraga, alkohol, merokok, diabetes, dan tekanan darah tinggi juga dapat berperan dalam kesehatan jantung maupun umur panjang. 

Secara umum, minum 2-3 cangkir kopi sehari dapat menurunkan risiko 10-15 persen lebih rendah terkena penyakit jantung koroner, gagal jantung, masalah irama jantung, atau kematian karena alasan apa pun. 

Asupan kopi 2-3 cangkir sehari dikaitkan dengan kemungkinan kematian yang lebih rendah dibandingkan dengan tidak minum kopi.

Minum kopi juga dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah. Misalnya, orang dengan atrial fibrilasi (AFib) atau atrial flutter yang minum satu cangkir kopi sehari hampir 20 persen lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal dibandingkan yang bukan peminum kopi. 

Kistler menyatakan hasil penelitiannya bersama tim menunjukkan bahwa asupan kopi secara teratur aman dan bisa menjadi bagian dari diet sehat bagi penderita penyakit jantung.

Kistler juga mengatakan, temuan menunjukkan kopi berkafein lebih memiliki lebih banyak manfaat untuk kesehatan kardiovaskular daripada kopi tanpa kafein. 

Namun demikian, meskipun 2-3 cangkir kopi sehari aman, Kistler merekomendasikan orang untuk berhenti meningkatkan asupan kopi mereka jika itu membuat mereka merasa cemas atau tidak nyaman. (dari berbagai sumber)


 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])