Ada Sampah Manusia Ditemukan di Mars, Begini Faktanya

Nusantaratv.com - 21/06/2022 12:20

Sampah di mars / Petapixel
Sampah di mars / Petapixel

Penulis: Harry Prasetyo | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Ke mana pun manusia pergi, sampah seperti selalu mengikuti. Meskipun kita telah berhasil mengubah planet asal kita, Bumi, menjadi tempat pembuangan sampah selama beberapa dekade terakhir, sampah  tampaknya telah masuk ke planet Mars.

Baru-baru ini, penjelajah Perseverance NASA melihat puing-puing pendaratan yang tersangkut di batu. Bukan itu sebenarnya yang ditemukan oleh rover, pada kenyataannya, ia sedang mencari tanda-tanda kehidupan mikroba di Mars ketika menemukan sampah kuno yang dibuat di Bumi.

“Tim saya telah melihat sesuatu yang tidak terduga: Ini adalah bagian dari selimut termal yang mereka pikir mungkin berasal dari tahap penurunan saya, paket jet bertenaga roket yang menurunkan saya pada hari pendaratan di tahun 2021. pic.twitter.com/O4rIaEABLu

Perseverance Mars Rover NASA (@NASAPersevere)

Apakah kehidupan di Mars berarti sampah di Mars?

Bahan termal roda pendaratan digunakan oleh NASA untuk melindungi pesawat ruang angkasa Perseverance dari suhu ekstrem saat memasuki atmosfer Mars.

Di Tweet di bawah ini, Anda dapat dengan jelas melihat foil mengkilap dari selimut termal. NASA terkejut menemukan selimut yang berjarak 2 kilometer dari tempat roda pendaratan jatuh.

Lapisan foil yang mengkilap itu adalah bagian dari selimut termal – bahan yang digunakan untuk mengontrol suhu. Sangat mengejutkan menemukan ini di sini: Tahap penurunan saya jatuh sekitar 2 km jauhnya. Apakah potongan ini mendarat di sini setelah itu, atau tertiup angin ke sini? pic.twitter.com/uVx3VdYfi8

Perseverance Mars Rover NASA (@NASAPersevere) 15 Juni 2022

Setelah mendarat di Mars pada Februari 2021, Perseverance telah mempelajari permukaan Mars dengan harapan menemukan tanda-tanda kehidupan purba. Saat ini, Perseverance sedang mengkaji delta sungai yang mengering di Kawah Jezero. Ilmuwan NASA menduga bahwa kawah ini dipenuhi air sekitar 3 miliar tahun yang lalu.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in