Acara Merah Putih Fashion Week 2023 di Sarinah 'Pecah' dan Sukses, Sondang Tampubolon Ucapkan Terimakasih kepada Puan Maharani

Nusantaratv.com - 26 November 2023

Ketua DPR RI Puan Maharani bersama Ketua Panitia Pelaksana Sondang Tampubolon, Ketua Umum DPP Taruna Merah Putih, Hendrar Prihadi dan Bendahara Umum DPP Taruna Merah Putih Diah Pikatan Orissa Putri Haprani berfoto bersama dengan para desainer dan model Merah Putih Fashion Week 2023 di Sarinah, Jakarta, Sabtu (25/11/2023)/Foto: Wira Ginting 
Ketua DPR RI Puan Maharani bersama Ketua Panitia Pelaksana Sondang Tampubolon, Ketua Umum DPP Taruna Merah Putih, Hendrar Prihadi dan Bendahara Umum DPP Taruna Merah Putih Diah Pikatan Orissa Putri Haprani berfoto bersama dengan para desainer dan model Merah Putih Fashion Week 2023 di Sarinah, Jakarta, Sabtu (25/11/2023)/Foto: Wira Ginting 

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Acara Merah Putih Fashion Week 2023 yang digelar Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Taruna Merah Putih di Sarinah, Jakarta pada Sabtu (25/11/2023) 'pecah' dan sukses. Masyarakat dan pengunjung Sarinah antusias menyaksikan peragaan beragam busana khas dari berbagai budaya daerah di Indonesia yang ditampilkan. 

Gelaran yang mengusung spirit pengembangan dan pelestarian budaya Indonesia ini dihadiri Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua Umum DPP Taruna Merah Putih Hendrar Prihadi, Bendahara Umum DPP Taruna Merah Putih, Diah Pikatan Orissa Putri Haprani, Ketua Panitia Pelaksana Taruna Merah Putih, Sondang Tampubolon dan jajaran pengurus DPP Taruna Merah Putih.

Merah Putih Fashion Week 2023 memiliki keunikan tersendiri dibanding perhelatan peragaan busana lainnya. Di ajang ini tak hanya menampilkan para model, tetapi para pengurus DPP Taruna Merah putih dan Sondang Tampubolon selaku Ketua Panpel juga ikut melenggang memamerkan busana yang dikenakan.

Tak hanya itu, cat walk yang digunakan juga unik yaitu anak tangga dan pelataran di lobby pusat perbelanjaan Sarinah. Para model termasuk Sondang Tampubolon dan Diah Pikatan Orissa Putri Haprani yang berkumpul di lantai 2 lobby Sarinah memamerkan busana yang dikenakan sambil menuruni anak tangga hingga ke pelataran yang menghadap ke Jalan Raya MH Thamrin. 

Para penonton yang berkumpul di bagian tengah dari tangga lobby memberikan applaus kepada para model. Iringan musik up beat yang mengiringi aksi para model membuat suasana semakin meriah. 

Kolaborasi penyanyi yang juga  Anggota DPRD DKI Jakarta Tina Toon dan Rey Gianni sebagai Master of Ceremony (MC) juga menambah keseruan acara.

 

Sedikitnya ada 40 busana hasil karya belasan desainer anak bangsa yang ditampilkan. Kolaborasi para desainer senior seperti Samuel Watimena serta Dana Maulana dan para desainer muda menyajikan beragam karya fashion yang kaya akan budaya tetapi sangat kekinian.

Ada jaket kulit dengan motif batik, batik casual dan sejumlah busana khas lainnya. 

Ditemui di sela-sela gelaran Merah Putih Fashion Week 2023, Ketua Panitia Pelaksana Merah Putih Fashion Week 2023, Sondang Tampubolon mengatakan kegiatan ini merupakan kerja bersama dari seluruh anggota DPP Taruna Merah Putih.

"Ini adalah sebuah rangkaian kegiatan. Tidak hanya fashion show tetapi juga ada coaching clinic (pelatihan) dan workshop dimana kita berkolaborasi dengan Samuel Watimena dan Dana Maulana. Yang kita tahu semua bahwa mereka berdua merupakan desainer top Indonesia yang secara konsisten membawa dan mengembangkan serta melestarikan wastra atau kain tenun dan kain-kain khas dari Indonesia," kata Sondang Tampubolon yang mengenakan busana karya desainer Yoyok Prasetyo yang dibuat dari wastra atau kain tenun dari Sulawesi dan Makassar. 

Sondang Tampubolon yang merupakan Anggota DPR RI menegaskan penyelenggaraan Merah Putih Fashion Week 2023 adalah ide dari Bendahara Umum DPP Taruna Merah Putih Diah Pikatan Orissa Putri Haprani. 

"Sebetulnya acara ini juga bukan diprakarsai oleh saya. Ini adalah acara yang memang diidekan oleh Bendahara Umum Taruna Merah Putih Mbak Diah Pikatan dan kita panitia hanya melaksanakan sesuai dengan supervisi yang beliau sampaikan," tutur Sondang Tampubolon.

 

Sondang mengaku senang dan bersyukur karena perhelatan Merah Putih Fashion Week 2023 mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat.

"Alhamdulillah sambutan dari seluruh masyarakat luar biasa terhadap acara festival Merah Putih Fashion Week ini," ujar Sondang. 

Sondang berharap dengan adanya kegiatan Merah Putih Fashion Week ini bisa membangkitkan semangat dari seluruh masyarakat Indonesia.

Baca juga: Gebrakan Mendukung Desainer Lokal, Merah Putih Fashion Week 2023 Hadirkan Belasan Desainer di Sarinah 

"Terutama penggiat-penggiat di bidang fashion untuk semakin berdaya saing. Tetap melestarikan budaya Indonesia yang ada. Karena itu adalah kekayaan dan aset bangsa Indonesia," harapnya.

"Supaya bisa sejajar dengan desainer-desainer lainnya. Dan bisa masuk dalam festival internasional dan membuat bangga serta harum nama Indonesia," imbuhnya. 

Lebih lanjut Sondang menjelaskan karya busana yang ditampilan dalam Merah Putih Fashion Week 2023 termasuk yang dikenakannya merupakan hasil kolaborasi dengan desainer muda dan juga mahasiswa yang merupakan calon-calon desainer.

"Model-modelnya semua dari anggota Dewan Pimpinan Pusat Taruna Merah Putih. Mereka semua pakai karya seluruh desainer yang terlibat dalam kegiatan ini. Dan hari ini saya memakai secara khusus karya dari desainer Yoyok Prasetyo. Ini kain wastra dari Sulawesi dan Makassar dikombinasikan dan dibentuk sedemikian rupa sehingga menjadi busana yang luar biasa," kata Sondang. 

"Dan saya bangga sekali memakainya. Busana ini pasti akan saya pakai dalam acara-acara istimewa saya," tambahnya.

Sondang Tampubolon menyampaikan terimakasih kepada Ketua DPR RI Puan Maharani yang telah hadir untuk mensuport gelaran Merah Putih Fashion Week 2023. 

"Terimakasih kepada Ibu Puan Maharani. Tadi sempat datang untuk mensuport acara kita Merah Putih Fashion Week. Karena beliau juga pemerhati generasi muda serta pemerhati di bidang fashion," ucap Sondang.

Kehadiran Puan Maharani, kata Sondang, untuk menyemangati para desainer dan para pekerja kreatif. 

"Mungkin karena kondisi cuaca dan alam yang tidak memungkinkan dan beliau harus melanjutkan kegiatan yang lainnya," kata Sondang.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada Ibu Puan Maharani karena atas dukungan dan supportnya acara Merah Putih Fashion Week 2023 yang diselenggarakan  para anggota DPP Taruna Merah Putih  dapat berjalan dengan baik," pungkasnya. 

Potensi untuk Dikembangkan

Sebelumnya, Ketua Umum DPP Taruna Merah Putih Hendrar Prihadi menyampaikan terimakasih kepada semua yang terlibat dalam pagelaran Merah Putih Fashion Week 2023. 

"Akan ada kurang lebih 40 baju hasil karya 11 desainer muda yang berkolaborasi dengan Samuel Watimena dan Dana Maulana yang akan ditampilkan malam ini," kata Hendrar Prihadi yang akrab disapa Hendi. 

Menurut Hendrar masih banyak potensi yang dapat dikembangkan oleh anak-anak muda khususnya di bidang fashion. 

"Masih banyak wilayah dan ruang kreativitas yang menjadi bagian anak muda kita untuk bisa berkarya, untuk kemandirian dan juga untuk mengharumkan nama bangsa kita," tukasnya.

Acara Merah Putih Fashion Week 2023 ditutup dengan acara hiburan yang menghadirkan dua grup musik yakni Irian Band dan Kelompok Pemuja Koplo (KPK). Para penonton betul-betul menikmati hiburan yang disuguhkan.

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])