550 Atlet dari 10 Negara Bakal Tampil di Kejuaraan Dunia Barongsai Indonesia

Nusantaratv.com - 17 April 2024

Pengurus Besar Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (PB FOBI)
Pengurus Besar Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (PB FOBI)

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Sebanyak 550 atlet dari 10 negara bakal mengikuti kejuaraan dunia olahraga barongsai yang digelar oleh Pengurus Besar Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (PB FOBI) di Britama Arena, Mahaka Square, Kelapa Gading, Jakarta pada 17-19 Mei mendatang.

Ketua Umum PB FOBI Edy Kusuma mengatakan kejuaraan dunia bertajuk "Piala Presiden: First FOBI World Lion and Dragon Dance Championship 2024" itu mempertemukan klub-klub juara barongsai dari Indonesia, Singapura, Hong Kong, Malaysia, Myanmar, Vietnam, China, Taiwan, Thailand, dan Australia.
 
"Kejuaraan ini merupakan kegiatan yang pertama kali diselenggarakan oleh PB FOBI sejak diterima sebagai anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) pada 20 Februari 2013," kata Edy dalam konferensi pers di Sekretariat PB FOBI di Jakarta, Rabu (17/4/24).

Edy juga mengatakan, ajang kelas dunia itu akan memperebutkan tiga piala berbeda dari tiga jenis kelompok pertandingan, yakni kelompok pertama akan memperebutkan Piala Presiden melalui pertandingan Barongsai (Southern Lion Dance).
 
Untuk kelompok kedua, lanjut dia, adalah pertandingan Pekingsai (Northern Lion Dance) yang akan memperebutkan Piala Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).
 
Kemudian, terakhir adalah pertandingan Naga (Dragon Dance) dan akan memperebutkan Piala Menteri Pertahanan.
 
Dalam kejuaraan itu, PB FOBI mendorong agar 180 atlet dari tanah air yang berasal dari sejumlah klub barongsai bisa unjuk gigi, sehingga bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

Edy menambahkan, untuk menyukseskan agenda internasional itu, panitia telah menyiapkan sarana dan prasarana pendukung, seperti akomodasi, transportasi, dan juri internasional berjumlah 22 orang.

Halaman

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])