5 Tradisi Unik dan Menarik Masyarakat Medan

Nusantaratv.com - 30/07/2022 09:51

Tradisi budaya leluhur di Kota Medan. (Freepik.com)
Tradisi budaya leluhur di Kota Medan. (Freepik.com)

Penulis: Armansyah | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Indonesia yang terdiri dari beribu pulau telah melahirkan banyak suku dan budaya di setiap daerahnya. Semua daerah dan suku di Indonesia memiliki tradisi dan budaya sendiri-sendiri. Keunikan dari tiap-tiap daerah ini menjadi kekayaan budaya bangsa Indonesia.

Sebut saja untuk daerah Sumatera Utara, tepatnya di Kota Medan. Banyak tradisi unik dan menarik dari masyarakat Medan yang pantas untuk diketahui. Di Medan kepercayaan dan aturan yang diturunkan dari para leluhurnya secara turun-temurun masih dilakukan oleh generasi penerusnya. 

Tradisi Unik Masyarakat Medan 
Medan merupakan ibu kota provinsi Sumatera Utara. Mayoritas penghuni kota ini berasal dari Suku Batak. Medan terkenal dengan wisata dan kulinernya. Selain itu, tradisi budaya yang ada di kota ini memiliki segudang keunikan yang membuatnya berbeda dari daerah lain. Berbagai tradisi yang ada pada masyarakat Medan antara lain:

1. Mangirdak
Sama seperti yang ada di daerah lain, mangirdak adalah tradisi yang diadakan untuk seorang wanita hamil yang menginjak tujuh bulan kehamilannya. Tradisi unik ini ditandai dengan para kerabat yang akan  datang berkunjung menuju rumah si ibu hamil tersebut, dengan membawa berbagai makanan dan oleh-oleh.

Tradisi ini dilakukan sebagai harapan agar ibu hamil senantiasa menjaga kesehatannya dan bayi yang dikandung. Tradisi ini dilakukan dengan keinginan agar bayi dapat dilahirkan dengan sehat tanpa suatu kekurangan apapun.

2. Mandi Balimo
Mandi Balimo adalah tradisi unik masyarakat Medan yang dilakukan untuk menyambut bulan Ramadhan. Mandi Balimo adalah tradisi mandi yang dilakukan oleh umat muslim di Kota Medan. 

Air yang digunakan untuk mandi bukanlah air biasa, tetapi air yang telah dicampur dengan rempah-rempah. Makna tradisi ini yaitu menyucikan dan membersihkan diri dari kotoran sebelum beribadah di bulan Ramadhan. 

3. Mangokkal Holi
Tradisi ini menjadi salah satu yang masih dilestarikan masyarakat BatakToba. Tradisi Mangokkal Holi dilakukan dengan makna dan tujuan untuk meghormati para leluhur. Mangokkal Holi menjadi salah satu tradisi unik masyarakat Medan yang harus kamu ketahui. 

Pelaksanaan tradisi dilakukan dengan cara menggali kuburan orang-orang yang telah meninggal dalam waktu yang lama. Setelah menggali kubur, tulang-tulang orang yang telah meninggal ini dibersihkan dan akan dikumpulkan pada sebuah tugu.

4. Marhajabuan
Pernahkah kamu melihat acara pernikahan orang Medan yang selalu meriah? Hal tersebut karena adanya tradisi orang Medan yang bernama Marhajabuan. Marhajabuan adalah kebiasaan adat orang Medan dengan cara mengundang seluruh anggota keluarga dari dua mempelai ketika acara pernikahan. Marhajabuan juga bertujuan untuk memberikan restu kepada kedua mempelai.

5. Martutu Aek
Martutu aek adalah tradisi yang dilakukan terhadap bayi berumur 7 hari. Kebiasaan adat Medan ini memiliki harapan agar bayi tersebut dapat memiliki hidup yang berkah dan beruntung. Prosesi tradisi ini dilakukan dengan cara memandikan dan mendoakan bayi. Selain itu, pada tradisi ini pula seorang bayi diberi nama. 

Tradisi dan kebudayaan di Indonesia rasanya tidak akan habis untuk diulas dan dibicarakan. Masyarakat yang beragam membuat kekayaan budaya dan tradisi Indonesia semakin kaya dan memiliki keunikan masing-masing.

Daerah di Indonesia banyak menyimpan keunikan tradisinya yang telah diteruskan secara turun temurun. Setiap tradisi yang berkembang di masyarakat memiliki makna dan tujuan tersendiri. Beberapa tradisi unik masyarakat Medan yang disajikan di atas merupakan kekayaan budaya yang sudah sepantasnya dilestarikan, terutama oleh generasi muda.

Sumber: blog.amartha.com

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in