5 Cara Membuat Kopi Anda Super Sehat

Nusantaratv.com - 10/08/2022 18:10

Ilustrasi kopi  / wikipedia
Ilustrasi kopi / wikipedia

Penulis: Harry Prasetyo

Nusantaratv.com - Kopi adalah salah satu minuman paling populer di dunia. Banyak profesional kesehatan percaya kopi salah satu minuman yang  sehat.

Bagi sebagian orang, kopi adalah sumber antioksidan tunggal terbesar dalam makanan, mengungguli gabungan buah dan sayuran.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengubah kopi Anda dari sehat menjadi super sehat.

 1. Tidak Ada Kafein Setelah Pukul 14:00

Kopi adalah salah satu sumber kafein alami terkaya dalam makanan.

Kafein adalah stimulan, yang merupakan salah satu alasan utama kopi begitu populer. Ini memberi Anda sentakan energi dan membantu Anda tetap terjaga ketika merasa lelah.

Tetapi jika minum kopi di sore hari, itu bisa mengganggu tidur Anda. Kurang tidur dikaitkan dengan segala macam masalah kesehatan.

Jika harus, pilih kopi tanpa kafein atau pilih secangkir teh, yang mengandung lebih sedikit kafein daripada kopi.

Tidak minum kopi setelah pukul 2–3 sore adalah pedoman yang baik. Konon, tidak semua orang sama sensitifnya terhadap kafein, dan beberapa orang mungkin tidur nyenyak bahkan jika mereka minum kopi di sore hari.

Namun demikian, jika merasa dapat meningkatkan kualitas tidur Anda, menghindari kopi di sore hari bisa menjadi strategi yang efektif.

 2. Jangan Memuat Kopi Anda Dengan Gula

Meskipun kopi itu sendiri sehat, Anda dapat dengan mudah mengubahnya menjadi sesuatu yang berbahaya.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memasukkan sejumlah besar gula ke dalamnya. Gula tambahan bisa dibilang salah satu bahan terburuk dalam diet modern.

Gula, terutama karena jumlah fruktosanya yang tinggi, terkait dengan segala macam penyakit serius seperti obesitas dan diabetes.

Jika Anda tidak bisa membayangkan menjalani hidup tanpa pemanis dalam kopi Anda, gunakan pemanis alami seperti stevia.

3. Pilih Merk Berkualitas, Sebaiknya Organik

Kualitas kopi dapat sangat bervariasi tergantung pada metode pengolahan dan bagaimana biji kopi ditanam.

Biji kopi cenderung disemprot dengan pestisida sintetis dan bahan kimia lain yang tidak pernah dimaksudkan untuk konsumsi manusia.

Namun, efek kesehatan dari pestisida dalam makanan masih kontroversial. Saat ini ada bukti terbatas bahwa mereka menyebabkan kerusakan ketika ditemukan pada tingkat rendah dalam produk.

Namun demikian, jika khawatir dengan kandungan pestisida pada kopi, pertimbangkan untuk membeli biji kopi organik. Mereka harus mengandung jumlah pestisida sintetis yang jauh lebih rendah.

4. Hindari Minum Terlalu Banyak

Sementara asupan kopi yang moderat itu sehat, minum terlalu banyak dapat mengurangi manfaatnya secara keseluruhan.

Asupan kafein yang berlebihan mungkin memiliki berbagai efek samping yang merugikan , meskipun sensitivitas orang bervariasi.

Secara umum, Health Canada merekomendasikan tidak melebihi 1,1 mg per pon (2,5 mg per kg) berat badan per hari.

Mengingat bahwa rata-rata secangkir kopi mengandung sekitar 95 mg kafein, ini setara dengan sekitar dua cangkir kopi per hari untuk seseorang dengan berat 176 pon (80 kg).

Namun, jumlah kafein yang jauh lebih tinggi (400-600 mg) per hari (sekitar 4-6 cangkir) tidak terkait dengan efek samping yang merugikan pada kebanyakan orang.

5. Tambahkan Kakao ke Kopi

Kakao sarat dengan antioksidan dan terkait dengan segala macam manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko penyakit jantung.

Coba tambahkan sedikit bubuk kakao ke kopi untuk menambah rasa.

Caffè mocha, versi caffè latte rasa cokelat, disajikan di banyak kedai kopi. Namun, caffè mocha biasanya dimaniskan dengan gula.

Anda dapat dengan mudah membuat sendiri di rumah dan tanpa gula tambahan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in