4 Kebiasaan Harian Yang Bisa Buat Kita Makin Tua Lebih Cepat

Nusantaratv.com - 19/09/2022 14:50

Ilustrasi membuang puntung rokok / Verywell Mind
Ilustrasi membuang puntung rokok / Verywell Mind

Penulis: Harry Prasetyo

Nusantaratv.com - Penuaan tidak bisa dihindari dan seiring berjalannya waktu berbagai fungsi tubuh kita pasti akan berkurang yang menyebabkan berbagai penyakit. 

Cara nutrisi diserap oleh tubuh juga mengalami perubahan seiring waktu saat proses pencernaan berubah. Baik itu fungsi paru-paru, ginjal atau jantung. Fungsi alaminya akan terpengaruh seiring bertambahnya usia, menempatkan kita pada risiko masalah kesehatan di usia tua.

Tanda-tanda penuaan juga tercermin di kulit Anda karena kehilangan lemak dan menjadi tipis, tidak rata dan kendor. Sementara banyak dari proses ini terjadi pada tingkat fisiologis, faktor lingkungan yang mempercepat penuaan tidak dapat diabaikan.

Ada hal-hal tertentu yang mungkin kita semua lakukan setiap hari yang mempercepat proses penuaan tanpa disadari.  Dr Sonali Kohli, Konsultan Dermatologis dan Venereolog di departemen Dermatologi Rumah Sakit dan Pusat Penelitian Yayasan Sir HN Reliance memberi tahu kita empat kebiasaan sehari-hari yang membuat kita menua lebih cepat.

1. Diet Inflamasi

Gaya hidup menjadi faktor yang sangat penting dalam hal penuaan. Ada banyak hal yang berkontribusi dalam gaya hidup kita termasuk pola makan kita. Jenis makanan yang kita makan pada dasarnya terdiri dari elemen inflamasi atau non-inflamasi. Orang yang mengikuti diet inflamasi dapat menghadapi kematian sel lebih awal karena sel berada di bawah pengaruh enzim yang disebut telomerase, yang bertanggung jawab untuk penuaan sel.

2. Merokok dan Alkohol

Kecanduan seperti merokok, konsumsi alkohol berlebihan, dan pilihan diet yang buruk semuanya berkontribusi pada penambahan stres dan peradangan di tubuh. Ini juga membuat tubuh kita lebih asam. Penting untuk makan makanan yang kaya akan antioksidan, yang akan bertindak sebagai mekanisme anti-penuaan. Makanan yang kaya omega-3 seperti kenari, beralih ke minyak sehat semuanya dapat membantu anti-penuaan.

3. Tidak Gunakan Sunscreen

Ada hal yang disebut kerusakan matahari yang menyebabkan penuaan matahari dan itu bisa terjadi pada Anda jika tidak teratur menggunakan tabir surya. Penelitian telah menunjukkan bahwa penuaan matahari sebenarnya dapat mempercepat proses penuaan karena menyebabkan kerusakan kolagen yang sangat besar. Sangat penting untuk menggunakan tabir surya dengan faktor perlindungan matahari tinggi yang merupakan SPF Anda, tetapi bersama dengan itu tabir surya Anda juga harus memberikan perlindungan PPD yang diukur dengan tanda plus tiga kami atau pengukuran lainnya.

4. Jarang Olahraga

Terakhir, olahraga menjadi komponen anti-penuaan yang sangat penting. Latihan membantu kita untuk membawa kekuatan otot baru bersama dengan mempertahankan nada dan tekstur otot yang ada.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in