4 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Anda Memiliki Masalah Rambut Rontok

Nusantaratv.com - 24/05/2022 20:40

Ilustrasi merawat rambut / headline.com
Ilustrasi merawat rambut / headline.com

Penulis: Harry Prasetyo

Nusantaratv.com - Di seluruh dunia, rambut rontok adalah salah satu masalah paling umum. Jangan lupa, kita semua terus kehilangan beberapa helai rambut setiap hari. Ada beberapa faktor yang sebenarnya menyebabkan rambut rontok, baik itu perubahan hormonal dan kondisi medis atau pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat, stres, polusi dan genetika.

Meskipun lebih sering terjadi pada pria, wanita juga menderita kerontokan rambut yang parah. Meskipun demikian, itu berbeda dari orang ke orang.  Namun, ada beberapa cara bagaimana Anda setidaknya bisa memperlambat kerontokan rambut Anda. Dokter kulit selebriti Dr Jaishree Sharad, membagikan beberapa tips dasar namun efektif tentang apa yang harus dihindari ketika Anda mengalami kerontokan rambut.

1. Jangan terlalu khawatir dengan rambut rontok

Stres akan meningkatkan kadar kortisol yang dapat meningkatkan kerontokan rambut. Ini sebenarnya dapat mendorong folikel rambut ke fase "istirahat" dan mereka mungkin tidak menghasilkan helai rambut baru. Seiring waktu, mereka dapat jatuh lebih mudah, selama prosedur sehari-hari seperti mencuci, menyisir, atau menyentuhnya. Jadi pastikan Anda tidak terlalu stres jika ada masalah dengan rambut rontok.

2. Hindari merokok atau vaping

Merokok atau vaping akan meningkatkan matriks metaloproteinase, yang secara harfiah merupakan racun bagi rambut. Dan dapat menyebabkan rambut rontok dalam beberapa cara, seperti mengurangi aliran darah ke kulit kepala dan bahkan menyebabkan kerusakan pada DNA folikel rambut. Jadi dengan berhenti merokok atau vaping, Anda dapat mencapai pertumbuhan kembali rambut dalam jumlah terbatas dan itu juga akan membuat kesehatan Anda secara keseluruhan lebih baik.

3. Hindari penataan panas

Menata rambut Anda dengan alat pemanas memutuskan ikatan disulfida di batang rambut dan menyebabkan kerusakan dan kerontokan rambut. Penggunaan pengering rambut, penjepit pengeriting dan pelurus rambut cenderung membuat rambut kering, mudah patah, yang menyebabkan rambut rontok, apalagi jika digunakan setiap hari.

4. Hindari konsumsi makanan dengan glikemik tinggi dan sedikit protein

Makan makanan dengan indeks glikemik tinggi, seperti roti putih, keripik kentang, pasta, jus dengan tambahan gula, kentang goreng, bawang, kentang panggang, soda, donat serta kekurangan protein dan suplemen dapat menyebabkan kekurangan gizi, yang pada akhirnya menambah rambut rontok yang ada.

Kemungkinannya adalah bahkan dengan sedikit modifikasi diet, Anda dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan meningkatkan kesehatan. Sementara gen dan gaya hidup lebih mempengaruhi rambut rontok, pastikan untuk makan makanan yang sehat dengan makanan kaya protein seperti gandum, kenari, telur, kacang-kacangan dan ikan, untuk mengekang garis rambut yang surut.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in