355 Calon Haji Kloter Pertama Embarkasi Palembang Mulai Masuk Asrama

Nusantaratv.com - 26 Mei 2023

Calon haji yang sedang periksa kesehatan di Asrama Haji Kota Palembang, Sumatera Selatan (26/5/2023). (ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri)
Calon haji yang sedang periksa kesehatan di Asrama Haji Kota Palembang, Sumatera Selatan (26/5/2023). (ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Sebanyak 355 calon haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) pertama mulai masuk asrama haji Embarkasi Palembang, untuk mempersiapkan keberangkatan menuju Tanah Suci pada Sabtu pagi (27/5).

”Hari ini 355 calon kloter pertama Embarkasi Palembang yang berasal dari Kabupaten OKU Timur tiba di Asrama Haji Palembang menggunakan delapan bus, di mana satu bus diisi oleh 44 jamaah bersama tim pendamping,” kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sumatera Selatan Armet Dachil di Palembang, Jumat.

Ia menjelaskan bahwa secara teknis Kemenag Sumsel telah mempersiapkan penyambutan calon haji tersebut ketika memasuki asrama haji.

”Ketika memasuki asrama para calon haji tersebut akan melakukan pemeriksaan dan pengecekan kesehatan, pemasangan gelang jemaah, pembagian biaya hidup (cost living) dan lainnya,” katanya.

Untuk proses pemeriksaan kesehatan, katanya, menjadi lebih ketat karena sekitar 60 persen calon haji asal wilayah itu berstatus berisiko tinggi.

”Mereka yang berstatus tinggi ini adalah calon haji yang berusia di atas 65 tahun atau memiliki penyakit tertentu, maka dari itu kami sudah menyiapkan jalur cepat khusus untuk mereka yang memiliki status berisiko tinggi,” katanya.

Ia mengimbau para calon haji tersebut untuk mengurangi mobilitas dan juga diminta minimal mengkonsumsi air putih satu gelas per satu jam karena suhu cuaca di Arab Saudi itu cukup tinggi.

Pada tahun 2023 keberangkatan calon haji itu ada perubahan konfigurasi pesawat menggunakan maskapai Saudi Airlines dengan kapasitas 360 penumpang, dimana keberangkatan haji tahun sebelumnya itu berkapasitas 450 penumpang.

”Kloter pertama ini berjumlah 360 orang dengan rincian 352 calon haji dan tiga tim Petugas Haji Daerah (TPHD), dan lima orang petugas,” ujarnya.

Armet menjelaskan jumlah keberangkatan calon haji melalui embarkasi Palembang itu sebanyak 8.192 orang, dengan rincian 7.012 calon haji asal Sumsel, lalu 1.065 calon haji asal Kepulauan Bangka Belitung, dan 115 petugas yang terbagi menjadi 23 kloter.

Dijadwalkan, kloter pertama akan berangkat pada Sabtu (27/5) besok pukul 09.45 WIB melalui Bandara Sultan Mahmud Baharuddin (SMB) II Kota Palembang, Sumsel.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])