Bencana Menguras Pikiran dan Tenaga

Banjir dari tahun ke tahun telah menghilangkan harta benda

Ilustrasi banjir / Foto: Ist

Bekasi, Nusantaratv.com - Banjir di Ibu Kota merupakan hal yang sudah biasa, tetapi dalam hal itu meninggalkan sebuah misteri bagi semua manusia yang terdampak.

Mengapa selalu terjadi bahkan semakin parah?

Sejatinya, banjir dari tahun ke tahun telah menghilangkan harta benda yang selama ini dicapai dengan penuh pengorbanan.

Belum lagi Covid yang masih melanda dan harus di tekan angka penyebaran dan kematiannya. Keadaan ekonomi pun menjadi buruk bagi kalangan usaha kecil.

Salah Siapakah ini ? benar - benar menguras pikiran dan tenaga.

Mari kita tengok dari sudut pandang ketahanan nasional. Ketahanan Nasional adalah suatu kebutuhan yang harus dimiliki oleh sebuah negara.

Ketahanan Nasional ini harus terus hidup dan dibina secara menerus. Seluruh bagian dari masyarakat, mulai dari lingkungan terkecil yaitu seorang individu, keluarga, masyarakat, bangsa hingga negara, harus memiliki modal keuletan dan ketangguhan untuk mengembangkan kekuatannya.

Baca juga: Musim Hujan di Indonesia Berakhir Bulan Mei 2021

Rapuh negara ini karena rapuhnya ketahanan nasional. Asta Gatra ketahanan nasional tidak dijalankan sebagaimana mestinya.

Asta Gatra adalah konsepsi dasar ketahanan nasional yang merupakan perangkat hubungan bidang kehidupan manusia dan budaya yang berlangsung di atas bumi dengan memanfaatkan segala kekayaan alam yang dapat di capai menggunakan kemampuannya.

Dalam hal bencana, ketahanan nasional didefinisikan sebagai kemampuan suatu negara  untuk bersiap menghadapi bencana besar, untuk merespon dan segera memulihkan setiap gangguan yang terjadi untuk kembali ke kondisi normal.

Dibutuhkan perspektif yang tepat untuk menjelaskan apakah negara memiliki ketahanan terhadap bencana besar. Persepktif pertama tentu saja bencana itu sendiri. Ketika sebuah bencana besar datang, kita umumnya tidak dapat memprediksi seberapa besar fatalitasnya.

Secara umum terdapat delapan elemen yang mendukung tercapainya ketahanan nasional Indonesia dalam deskripsi dari Asta Gatra Ketahanan Nasional yakni meliputi aspek Geografis, Kekayaan alam, Demografis, Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial Budaya serta Pertahanan Kemananan. Maka dalam bencana banjir dapat dianalisis.

Satu hal lagi, pemerintah sudah menghimbau bahwa kesiapsiagaan bencana menjadi pondasi penting yang harus dilaksanakan, apakah mitigasi ini tidak sampai ke masyarakat atau dunia usaha?

Mari kita rapatkan barisan Bela Negara untuk Indonesia tercinta, Bela Negara tidak hanya dengan mengangkat senjata Api tapi dengan rasa cinta tanah air.

Sebagai warga negara sudah menjadi sebuah keharusan ikut membangun Indonesia yang unggul dan damai dalam ketangguhan bencana.

Bangsa yang unggul menciptakan suasana harmonis dalam memimalisir dampak bencana, karena Indonesia sangat dikenal dengan Lempeng Patahan dari Sabang sampai Marauke.

Jangan sampai anak-anak kita/generasi penerus bangsa ini menjadi korban bencana, oleh rapuhnya sikap Ketahanan Nasional dalam penanggulangan bencana. (Ruswan BNPB)

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK