Bawaslu Datangi MK Tanpa Membawa Keterangan soal Jabatan Ma'aruf Amin

Bawaslu Datangi MK Tanpa Membawa Keterangan soal Jabatan Ma'aruf Amin
Ketua Bawaslu Abhan saat menyerahkan kerterangan tertulis kepada MK/ Suara.com

Jakarta, Nusantaratv.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) telah resmi menyerahkan keterangan tertulis yang disertai dengan alat bukti soal gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) yang diajukan Prabowo-Sandi kepada Mahkamah Konstitusi (MK).

Namun Bawaslu tidak memasukkan keterangan mengenai jabatan cawapres 01 Ma'ruf Amin di bank syariah yang dipersoalkan kubu 02.

"Belum terima, belum ada. Dan itu mungkin di porsinya KPU, tapi saya kira kami kalau nanti ada yang menyangkut Bawaslu, tentu Bawaslu akan meresponnya dengan keterangan tambahan," kata Abhan Ketua Bawaslu di Gedung MK, Jakarta, Rabu (12/6/2019).

Abhan menjelaskan bahwa Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi memiliki hak untuk mempersoalkan jabatan Ma'ruf Amin di bank syariah dalam sidang di MK. Dengan demikian bagi Bawaslu bukti yang diajukan itu sah-sah saja karena bagian dari proses pembuktian.

"Ya kami kira adalah hak bagi para pihak yang sidang di MK, jadi apapun bukti diajukan ya sah-sah saja itu bagian dari proses pembuktian di sini dan proses sidang terbuka. Jadi ada yang ajukan bukti, kami sebagai pihak juga ajukan bukti dan ada pihak termohon pihak terkait dan sebagainya kan," tutup Abhan.