RUU Ekstradisi Ditarik, Lam : Baru Langkah Awal

Carrie Lam pada hari Jumat mengatakan langkah-langkah yang diumumkan minggu ini untuk membantu memulihkan ketertiban di kota yang dikuasai Cina itu adalah langkah pertama.
RUU Ekstradisi Ditarik, Lam : Baru Langkah Awal
Pemimpin Hong Kong, Carrie Lam (foxnews)

Hong Kong, Nusantaratv.com - Pemimpin Hong Kong Carrie Lam pada hari Jumat mengatakan langkah-langkah yang diumumkan minggu ini untuk membantu memulihkan ketertiban di kota yang dikuasai Cina itu adalah langkah pertama. 

Melansir Reuters, Hong Kong sebelumnya bersiap untuk demonstrasi lebih lanjut akhir pekan ini, dengan pengunjuk rasa mengancam akan mengganggu jaringan transportasi ke bandara, setelah penarikan Lam dari RUU ekstradisi yang kontroversial gagal menenangkan beberapa aktivis. 

"Keempat tindakan itu bertujuan untuk membuat satu langkah maju dalam membantu Hong Kong keluar dari dilema," kata Lam kepada wartawan dalam perjalanan ke wilayah selatan China, Guangxi.

 "Kami tidak bisa menghentikan kekerasan segera." 

 Lam pada hari Rabu menarik RUU ekstradisi yang kontroversial yang akan memungkinkan orang untuk dikirim ke Cina daratan untuk diadili. 

Baca Juga : Robert Mugabe Wafat, Begini Presiden Zimbabwe Kenang sosoknya

Pemimpin yang didukung Beijing mengatakan dia tidak setuju dengan menambahkan  beberapa tuntutan aktivis, seperti menjatuhkan tuduhan terhadap pengunjuk rasa yang menggunakan kekerasan, melanggar hukum. 

Demonstrasi telah mencengkeram Hong Kong selama tiga bulan, terkadang melumpuhkan bagian kota di tengah pertempuran jalanan antara pengunjuk rasa dan polisi yang kekerasannya telah menarik perhatian internasional. 

Sumber : Reuters 
Terjemahan : (NTV /Cal)