Polusi Udara Kian Parah, Patung Dewa di India Diberi Masker

Polusi udara dilaporkan makin memburuk di sepanjang wilayah utara India dalam beberapa pekan terakhir.
Polusi Udara Kian Parah, Patung Dewa di India Diberi Masker
Patung dewa yang diberi masker di India karena polusi udara (istimewa)

New Delhi, Nusantaratv.com - Polusi udara dilaporkan makin memburuk di sepanjang wilayah utara India dalam beberapa pekan terakhir.

Hal itu membuat sebuah kuil di Varanasi mengambil keputusan ekstrem untuk melindungi patung dewa-dewa mereka dari kabut asap dengan masker.

Foto-foto dewa Dewa Siwa, Dewi Durga, Dewi Kali dan Sai Baba di Kuil Shiv-Parvati yang mengenakan masker di Varanasi telah dibagikan di media sosial India.

Baca Juga : India Darurat Polusi Udara, Taj Mahal Dipasang Air Purifier

Kepala pendeta di kuil mengatakan bahwa para dewa sering diberikan selimut selama musim dingin sebagai perlindungan terhadap dingin, sehingga staf di kuil berpikir masuk akal untuk melindungi mereka dari polusi juga. 

“Varanasi adalah tempat kepercayaan. Kami memperlakukan patung kami sebagai dewa yang hidup dan bersusah payah untuk membuat mereka bahagia dan nyaman. Di musim panas, patung-patung itu diolesi dengan pasta cendana untuk membuatnya tetap dingin dan di musim dingin, kami menutupinya dengan wol. Demikian juga, untuk menyelamatkan mereka dari polusi, kami memasang masker di wajah mereka,” kata Harish Mishra, seorang pendeta di kuil itu kepada IANS melansir Reuters, Kamis (7/11/2019).

Ia mengklaim, bahwa para jemaat mulai meniru berhala-berhala itu dan mengenakan topeng wajah mereka sendiri, sehingga meningkatkan kesadaran di antara muda maupun tua.

Dilaporkan, angin kencang dengan kecepatan hingga 80 kilometer per jam telah menyebarkan polusi di seluruh India utara dan ke Ibu Kota New Delhi, yang sangat disesalkan oleh sekitar 29,5 juta penduduknya.

Angin yang memperburuk masalah polusi diperkirakan akan mereda untuk sementara waktu, tetapi jeda dari kabut asap hanya akan terjadi sebentar saja, hingga hingga 7 November, saat angin diperkirakan akan mulai bertiup lebih kuat sekali lagi.

Bahkan, situs budaya Taj Mahal pum harus dipasang air purifier untuk mengatasi polusi udara yang kian parah.(Cal)

Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0