Korut Tembakkan Rudal Balistik ke Lepas Pantai Timurnya Hari Ini

Korea Utara menembakkan dua rudal balistik jarak dekat ke laut lepas pantai timurnya pada hari Sabtu (24/8/19)
Korut Tembakkan Rudal Balistik ke Lepas Pantai Timurnya Hari Ini
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden AS Donald Trump (VOA)

Pyongyang, Nusantaratv.com - Korea Utara menembakkan dua rudal balistik jarak dekat ke laut lepas pantai timurnya pada hari Sabtu (24/8/19), demikian dikatakan militer Korea Selatan dari serangkaian peluncuran dalam beberapa pekan terakhir di tengah pembicaraan denuklirisasi yang macet.

Peluncuran hari Sabtu adalah yang ketujuh oleh Korea Utara sejak Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un bertemu di perbatasan antar-Korea pada bulan Juni. Peluncuran ini memiliki upaya yang rumit untuk memulai kembali perundingan antara AS dan negosiator Korea Utara tentang masa depan senjata nuklir dan programer rudal balistik Pyongyang.

Kedua pemimpin sepakat pada bulan Juni untuk memulai kembali perundingan tingkat kerja tetapi Amerika Serikat sejauh ini tidak berhasil dalam upayanya untuk membuat pembicaraan kembali berjalan. Proses itu terhenti sejak pertemuan puncak kedua yang gagal antara Trump dan Kim di Hanoi pada Februari.

Trump mengatakan awal bulan ini bahwa Kim telah siap untuk melanjutkan pembicaraan mengenai program-program nuklir dan rudal Korea Utara dan akan menghentikan pengujian rudal segera setelah latihan militer AS-Korea Selatan berakhir.

Trump mengatakan setelah peluncuran terbaru Amerika Serikat memiliki hubungan yang baik dengan Korea Utara. 

Korea Utara telah berulang kali mengkritik latihan yang sebagian besar disimulasikan komputer dalam beberapa pekan terakhir, serta impor senjata teknologi tinggi Korea Selatan seperti jet stealth F-35 dan pengujian A.S. terhadap rudal jelajah jarak menengah sebagai ancaman dan menghambat dialog.

 

Sumber : Reuters 

Terjemahan : (NTV /Cal)