Korea Utara Lakukan Uji Peluncur Roket Ganda Super Besar

Korea Utara melakukan uji peluncur roket ganda super besar pada Selasa, (10/9/19). Peluncuran itu juga dihadiri Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.
Korea Utara Lakukan Uji Peluncur Roket Ganda Super Besar
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (qureta)

Pyongyang, Nusantaratv.com - Korea Utara melakukan uji peluncur roket ganda super besar pada Selasa,  (10/9/19). Peluncuran itu juga dihadiri Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

Melansir Reuters, pengujian peluncur roket multipel super besar itu diawasi langsung oleh Kim Jong Un. Dimana dalam peluncuran itu Korea Utara menembakkan putaran baru proyektil jarak pendek, hanya beberapa jam setelah itu mengisyaratkan kesediaan baru untuk melanjutkan kembali perundingan denuklirisasi terhenti dengan Amerika Serikat pada akhir September.

 Kim, yang telah memandu pengujian peluncur roket berganda yang sama sebelumnya, mengatakan kemampuannya  akhirnya diverifikasi dalam hal operasi tempur, dan apa yang masih harus dilakukan dengan peluncur roket adalah uji tembak berjalan.

 Kim memerintahkan tugas dan cara di masa depan untuk "terus" mencapai pertahanan nasional yang mutakhir bagi para pejabat yang bergabung dengannya, termasuk pejabat senior seperti saudara perempuannya Kim Yo Jong. 

Baca Juga : PBB : Sejumlah Negara Terindikasi Terlibat Perang di Yaman

Sementara itu, seorang analis mengatakan bahwa Korea Utara melakukan tes senjata untuk berbagai keperluan, termasuk pengembangan teknis dan jaminan untuk pembentukan pertahanan, peluncuran Selasa tampaknya telah waktunya untuk mengirim pesan ke Washington.

 Meskipun Presiden AS Donald Trump telah mengecilkan tes sebelumnya tahun ini, mengatakan ia tidak percaya rudal jarak pendek melanggar perjanjian, penasihat keamanan nasional John Bolton mengatakan, bahkan peluncuran jarak pendek oleh Korea Utara dilarang di bawah resolusi AS.


Sumber : Reuters 
Terjemahan : (NTV/Cal)