China Dukung Hongkong Soal RUU Ekstradisi

China Dukung Hongkong Soal RUU Ekstradisi
Demonstran di Hong Kong yang menolak ekstradisi

Shanghai, Nusantaratv.com -Pemerintah pusat China dengan tegas mendukung pemerintah Hong Kong dalam mengeluarkan undang-undang ekstradisi yang memungkinkan orang-orang dikirim ke Cina daratan untuk diadili, kata Juru bicara kementerian, Geng Shuang, mengatakan dalam jumpa pers di Beijing pada Rabu (12/6/19).

Ia menyatakan,  tindakan yang merugikan Hong Kong ditentang oleh opini publik Hong Kong. Dia juga mendesak Amerika Serikat untuk berbicara dan bertindak dengan hati-hati mengenai Hong Kong. 

Sebelumnya diketahui, puluhan ribu demonstran Hong Kong mengepung badan legislatif kota yang dikuasai Tiongkok itu, memaksanya untuk menunda putaran kedua debat tentang RUU ekstradisi.

Penentangan terhadap RUU tersebut pada hari Minggu memicu demonstrasi politik terbesar Hong Kong sejak penyerahannya dari Inggris ke pemerintah Cina pada tahun 1997 di bawah kesepakatan "satu negara, dua sistem" yang menjamin otonomi khusus, termasuk kebebasan berkumpul, pers bebas, dan peradilan independen.

RUU yang diusulkan telah mengundang kecaman luas di dalam dan luar negeri, yang memicu kecaman langka dari para hakim, komunitas bisnis Hong Kong, beberapa tokoh pro-kemapanan dan beberapa pemerintah asing dan kamar-kamar bisnis.

Demonstran mulai bergabung dengan protes semalam pada hari Rabu ketika bisnis di seluruh kota bersiap untuk mogok.

Di bawah undang-undang yang diusulkan, penduduk Hong Kong, serta warga negara asing dan Cina yang tinggal atau bepergian melalui kota, semua akan beresiko jika mereka dicari di daratan.

 

Sumber : Reuters 
Terjemahan : (NTV/Cal)