Bertemu Presiden Cina Pekan Ini, PM India Akan Bahas Sejumlah Hal

Perdana Menteri India Narendra Modi akan menjamu Presiden China Xi Jinping untuk pertemuan puncak informal akhir pekan ini.
Bertemu Presiden Cina Pekan Ini, PM India Akan Bahas Sejumlah Hal
Perdana Menteri India Narendra Modi dan Presiden Cina Xi Jinping (mint)

New Delhi, Nusantaratv.com - Perdana Menteri India Narendra Modi akan menjamu Presiden China Xi Jinping untuk pertemuan puncak informal akhir pekan ini. 

Pertemuan di kota Chennai selatan India pada 11-12 Oktober bertujuan untuk meningkatkan hubungan yang dibentuk oleh kedua pemimpin ketika mereka bertemu di Cina tahun lalu. Pertemuan itu juga untuk membantu menstabilkan hubungan setelah kebuntuan di bagian lain yang diperdebatkan. 

Tetapi keputusan New Delhi pada bulan Agustus yang menarik status khusus untuk Kashmir mendapat kecaman tajam dari Pakistan dan sekutunya Cina, yang membawa masalah tersebut ke Dewan Keamanan PBB.

 India mengatakan pencabutan status khusus mayoritas Muslim Kashmir adalah masalah internal dan bertujuan mempercepat pembangunan ekonomi wilayah Himalaya, juga diklaim oleh Pakistan.

Baca Juga : Duh! Mengaku Alami Defisit, PBB Terancam Tak Bisa Bayar Gaji Karyawan

 China, yang telah dikritik oleh Amerika Serikat atas perlakuannya terhadap etnis minoritas Muslim, mengatakan mereka percaya India dan Pakistan harus menahan diri dari mengambil tindakan sepihak di Kashmir dan telah menyatakan keprihatinan atas pelanggaran hak asasi manusia di wilayah tersebut.

 India telah menolak kekhawatiran itu. Menjelang perjalanan Xi ke India, Cina mengundang Perdana Menteri Pakistan Imran Khan untuk mengadakan pembicaraan tentang masalah-masalah bilateral. 

 Wilayah Himalaya di Kashmir terbagi antara India, Pakistan dan Cina. India memerintah Lembah Kashmir yang padat penduduknya dan wilayah yang didominasi Hindu di sekitar kota Jammu, sementara Pakistan mengendalikan irisan wilayah di barat, dan Cina memiliki daerah dataran tinggi berpenduduk sedikit di utara. 

Baca Juga : AS Lakukan Pembatasan Visa pada Pemerintah Cina Karena Hal Ini

India dan Cina juga mengklaim wilayah ribuan mil ke timur di sepanjang Himalaya dan berjuang di perbatasan singkat pada tahun 1962. Dalam beberapa tahun terakhir, India semakin dekat dengan Amerika Serikat, yang telah membangun hubungan militer yang lebih dekat, dan Jepang. 

Selama kunjungan Xi, Modi diperkirakan akan mengangkat masalah ekonomi, termasuk defisit perdagangan India senilai $ 53 miliar dengan China pada 2018/19, dan kehadiran perusahaan India yang lebih kecil di Tiongkok dibandingkan dengan negara-negara besar lainnya. 

China, pada bagiannya, diharapkan mendesak New Delhi untuk mengambil keputusan independen atas tawaran pembuat peralatan telekomunikasi Huawei untuk usulan jaringan 3G India dan tidak terpengaruh oleh tekanan AS bahwa itu adalah risiko keamanan. 


Sumber : Reuters 
Terjemahan : (NTV/Cal)