Bantahan Carrie Lam Tentang Pernyataannya yang Sempat Bocor ke Publik

Pemimpin Hong Kong Carrie Lam mengatakan pada Selasa (3/9/19) bahwa dia tidak pernah meminta pemerintah China untuk mengundurkan diri demi mengakhiri krisis politik kota yang dikuasai Cina
Bantahan Carrie Lam Tentang Pernyataannya yang Sempat Bocor ke Publik
Pemimpin Hong Kong, Carrie Lam (the Straittimes)

Hong Kong, Nusantaratv.com - Pemimpin Hong Kong Carrie Lam mengatakan pada Selasa (3/9/19) bahwa dia tidak pernah meminta pemerintah China untuk mengundurkan diri demi mengakhiri krisis politik kota yang dikuasai Cina, menanggapi kabar yang sebelumnya dilaporkan Reuters mengenai rekaman dia yang mengatakan  dirinya akan mundur jika dia bisa.

 Tiongkok sendiri menyatakan keyakinannya pada Lam dan pemerintahnya, tetapi mengatakan tidak akan berdiam diri jika kerusuhan mengancam keamanan dan kedaulatan Tiongkok.

 Ratusan ribu orang turun ke jalan bekas jajahan Inggris itu sejak pertengahan Juni dalam adakalanya protes keras terhadap rancangan undang-undang yang ditangguhkan yang bisa membuat orang dikirim ke daratan China untuk diadili di pengadilan yang dikontrol Partai Komunis. 

BACA JUGA : Carrie Lam : Kerusuhan Akan Berhenti Jika Saya Punya Pilihan

Pekan lalu, Lam mengatakan kepada para pemimpin bisnis bahwa ia telah menyebabkan "malapetaka yang tak termaafkan" dengan memperkenalkan rancangan undang-undang itu dan bahwa jika ia punya pilihan, ia akan meminta maaf dan mengundurkan diri, menurut rekaman audio yang bocor. 

 Lam mengatakan pada konferensi pers yang disiarkan televisi bahwa dia tidak pernah mempertimbangkan untuk meminta pengunduran diri dan bahwa Beijing percaya pemerintahnya dapat menyelesaikan krisis selama tiga bulan tanpa campur tangan Cina. 

BACA JUGA : Badai Dorian Menghantam Bahama dan Tewaskan Banyak Korban

“Saya bahkan belum merenungkan membahas pengunduran diri dengan pemerintah rakyat pusat. Pilihan untuk mengundurkan diri, itu adalah pilihan saya sendiri, "kata Lam.

 "Saya mengatakan kepada diri saya berulang kali dalam tiga bulan terakhir bahwa saya dan tim saya harus tetap membantu Hong Kong Itu sebabnya saya mengatakan bahwa saya belum memberi diri saya pilihan untuk mengambil jalan yang lebih mudah dan itu adalah pergi." Lam menambahkan bahwa dia kecewa tentang  komentar yang dibuat dalam pertemuan pribadi, di mana dia telah berbagi curahan hatinya yang telah bocor ke publik. 

 

Sumber : Reuters 

Terjemahan : (NTV /Cal)