16 Produk AS Lolos dari Pengecualian Tarif di China

16 jenis produk AS yang lolos dari pengecualian tarif telah diumumkan oleh China. Untuk selanjutnya akan mengadakan pertemuan dengan AS untuk menurunkan eskalasi deretan tarif mereka yang berlarut-larut.
16 Produk AS Lolos dari Pengecualian Tarif di China
Presiden China Xi Jinping (Finansialku.com)

Beijing, Nusantaratv.com - 16 jenis produk AS yang lolos dari pengecualian tarif telah diumumkan oleh China. Untuk selanjutnya akan mengadakan pertemuan dengan AS untuk menurunkan eskalasi deretan tarif mereka yang berlarut-larut.

 Pengecualian akan berlaku untuk barang A.S. termasuk beberapa obat anti kanker dan pelumas, serta pakan ternak seperti whey dan tepung ikan. 

China telah memberlakukan beberapa putaran tugas pada barang-barang A.S. sebagai balasan terhadap tarif Bagian 301 A.S, dimulai tahun lalu pada bulan Juli dan Agustus dengan pungutan 25% atas sekitar $ 50 miliar impor AS.

Baca Juga : Konflik Serangan Udara Pasukan Koalisi AS

 Secara keseluruhan, dua negara ekonomi terbesar di dunia itu telah mengenakan tarif tit-for-tat pada ratusan miliar dolar barang dalam perang perdagangan pahit yang telah berlarut-larut selama lebih dari setahun dan merugikan investasi bisnis, keuntungan, dan pertumbuhan global.

 Item-item pada dua daftar pembebasan tarif - diposting di situs web kementerian - tidak akan dikenakan bea tambahan yang dikenakan oleh Tiongkok pada barang-barang AS sebagai tindakan balasan terhadap langkah-langkah Bagian 301 AS. 

 Pembebasan akan berlaku pada 17 September dan berlaku selama satu tahun hingga 16 September 2020, katanya. Namun, daftar yang dikecualikan hanya mencakup sejumlah kecil item dibandingkan dengan lebih dari 5.000 jenis produk A.S. yang sudah dikenai tarif tambahan China.

 Selain itu, impor utama AS, seperti kedelai dan jagung, masih dikenakan bea tambahan yang besar. 

Melansir Reuters, Cina diharapkan untuk membeli lebih banyak produk pertanian dengan harapan kesepakatan perdagangan yang lebih baik dengan Amerika Serikat. 

 Amerika Serikat sejauh ini merupakan pemasok whey terbesar di Tiongkok, yang merupakan bahan penting dalam pakan babi dan sulit untuk mendapatkan volume besar dari tempat lain. 

Sebelumnya pada hari Rabu, sebuah survei oleh asosiasi bisnis terkemuka Amerika menunjukkan perang perdagangan memburuk prospek laba dan investasi untuk perusahaan AS yang beroperasi di ekonomi terbesar kedua di dunia.

Sumber :Reuters 
Terjemahan : (NTV/Cal)