Iran Ambil Langkah Baru Terkait Nuklir Internasional

Iran Ambil Langkah Baru Terkait Nuklir Internasional
Iran

Jakarta, Nusantaratv.com -Iran akan mengumumkan langkah lebih lanjut pada hari Senin untuk mengurangi kepatuhan terhadap pakta nuklir internasional yang ditinggalkan Amerika Serikat tahun lalu. 

 

 

"Organisasi Energi Atom Iran besok di situs air berat Arak akan mengumumkan langkah-langkah persiapan yang telah diambil untuk mengurangi komitmen Teheran di bawah kesepakatan itu," kata kantor berita Tasnim, melansir Reuters. 

 

 Organisasi itu akan mengumumkan langkah-langkah untuk meningkatkan stok uranium yang diperkaya dan produksi air berat di Arak, Tasnim melaporkan. Amerika Serikat dan Badan Energi Atom Internasional percaya Iran memiliki program senjata nuklir yang ditinggalkannya. Teheran menyangkal pernah memilikinya. 

 

 Iran berhenti mematuhi Mei dengan beberapa komitmen dalam perjanjian nuklir 2015 yang disepakati dengan kekuatan global, setelah Amerika Serikat secara sepihak menarik diri dari perjanjian itu pada 2018 dan memperkenalkan kembali sanksi terhadap Teheran. 

 

Iran mengatakan pada bulan Mei bahwa mereka akan mulai memperkaya uranium di tingkat yang lebih tinggi, kecuali kekuatan dunia melindungi ekonominya dari sanksi AS dalam 60 hari.

 

 Ketegangan antara Amerika Serikat dan Iran semakin meningkat dalam beberapa hari terakhir, dengan Washington menuduh Teheran melakukan serangan Kamis terhadap dua kapal tanker minyak dalam rute pengiriman minyak vital. Iran telah membantah memiliki peran apa pun. 

 

Sumber :Reuters 

Terjemahan : (NTV/Cal)